KAPUSHANSIBER HADIRI UNDANGAN SEOUL DEFENSE DIALOGUE (SDD)

Senin, 9 September 2019

Jakarta – Kepala Pusat Pertahanan Siber (Kapushansiber) Bainstrahan Kemhan Marsma TNI Raja H Manalu mewakili Kementerian Pertahan RI pada acara Seoul Defense Dialogue (SDD) 2019.

SDD merupakan forum keamanan internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Menteri Pertahanan Nasional. Pada tahun ini, Korea Selatan menjadi tuan rumah diselenggarakannya SDD ke 8 itu.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai tanggal 5 sampai 6 September 2019 dan bertempat di ibukota Korea Selatan, Seoul.

Acara dibuka oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan, Mr. Jeong Kyeongdoo. Tema yang diangkat pada pertemuan kali ini adalah “Building Peace and Security; Challenges and Visions” dimana fokus pembicaraan mengarah pada proses perdamaian di Semenanjung Korea, tantangan perdamaian di Asia Timur, operasi perdamaian dunia dan bantuan kemanusian serta strategi keamanan siber.

Rombongan delegasi Indonesia berjumlah 5 orang yang dipimpin oleh Mayjen TNI Sunaryo (Sahli Menhan Bidang Keamanan). Sedangkan 4 delegasi lainnya antara lain Brigjen TNI I Putu Eka Asmara Putra (Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan), Marsma TNI Raja H Manalu (Kapushansiber Bainstrahan Kemhan), Kolonel Kav Oktaheroe Ramsi (Kasubdit Multilateral Ditkersin Ditjen Strahan Kemhan) Letkol Adm Ikhwan Solihan (Staf DItkersin Ditjen Srahan Kemhan), dan Kol Pnb Imam (Atase Pertahanan Indonesia di Korea Selatan).

Adapun pokok bahasan pada forum SDD tersebut adalah Cyber Working Group (CWG). Kapushansiber Marsma TNI Raja H Manalu mewakili Kementerian Pertahanan RI pada sesi tersebut.

Susunan acara CWG terdiri dari 2 sesi. Adapun sesi pertama bertemakan Trend of Internatinal Norms on Cyber Security and it’s Military Implication dan sesi kedua dengan tema Enhancement Plan of Cyber Capacity for Defence and Policy of Cyber Workforce Development, Training and Management. (Anang/Red)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia