KAPUSHANSIBER MENGHADIRI PERTEMUAN ADMM KE 5 DI SELANDIA BARU

Minggu, 27 Oktober 2019

Auckland – Kepala Pusat Pertahanan Siber (Kapushansiber) Bainstrahan Kemhan Marsma TNI Raja H Manalu menghadiri undangan ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM)-Plus Experts Working Group (EWG) on Cyber Security di Auckland, Selandia Baru.

Pertemuan Kementerian Pertahanan se ASEAN yang ke lima itu dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai 26 Oktober 2019.

Pada pertemuan ke lima ini merupakan yang terakhir di masa keketuaan Filipina dan Selandia Baru dan sekaligus sebagai serah terima keketuaan kepada co-chairs periode selanjutnya (2020-2022) yaitu Malaysia dan Korea Selatan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan Sekretariat ASEAN dan negara-negara anggota ADMM Plus yang terdiri dari negara anggota ASEAN serta mitra wicara ASEAN kecuali Kamboja dan Jepang.

Co-Chair Filipina Ms. Marita Yoro selaku Director of Office of the Assistance Secretary for Assessment, The Philippines Department of National Defense, dan co-chair Selandia Baru Mr. Mike Thompson, Director Asia, New Zealand Ministry of Defence mempimpin jalannya pertemuan tersebut.

Mereka berdua menyampaikan dalam sambutannya bahwa perkembangan dunia siber akan membawa dampak bagi bidang pertahanan.

ADMM dibentuk sejak tahun 2016 dan telah menjadi sarana dialog yang konstruktif. Beberapa pencapaian yang telah dicapai antara lain terbentuknya cyber security portal, glossary of cyber terminologies serta points of contact and technical personnel directory dimana ketiganya telah diujicobakan dalam latihan Table Top Exercise baru-baru ini di Filipina.

Tujuan utama dari pertemuan tersebut adalah mengevaluasi hasil dari Table Top Exercise yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 2 Agustus 2019 di Manila.

Pembicara yang diundang di kesempatan itu antara lain Dr. Cathy Downes (Victoria University of Wellington, New Zealand) dengan materi “Emerging Trends in Cyber”, Sophie Vickers (National Cyber Policy Office, New Zealand) dan Colonel Robert Watson (Australian Defence Force, New Zealand) yang mana keduanya membawakan materi “Security Cyber Workforce: Recruitment, Management and Training” serta Dr. Vimal Kumar (Dosen University of Waikato, New Zealand) dengan tema “Trends in Threats Over Next Three Years.”

Adapun delegasi Indonesia yang mendampingi Kapushansiber antara lain Ditkersinhan Ditjen Strahan Kemhan, Satsiber TNI, dan Atase Pertahanan RI di Selandia Baru. (Red/Anang)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia