KAPUSHANSIBER MENJADI KEYNOTE SPEAKER DI CSI 2019

Sabtu, 9 November 2019

Jakarta – Kepala Pusat Pertahanan Siber (Kapushansiber) Bainstrahan Kemhan Marsma TNI Raja H Manalu kembali menjadi keynote speaker pada gelaran CSI 2019.

Agenda tahunan itu bertempat di Jakarta Convention Center dan dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 6-8 November 2019. Agenda kegiatan berisi seminar dan pameran teknologi keamanan siber.

Acara tersebut merupakan pertemuan pakar keamanan siber, pembuat kebijakan, hingga pemangku kepentingan industri terkemuka untuk saling berbagi pengetahuan dan mendiskusikan isu-isu terkini seputar dunia siber.

Acara diawali dengan sambutan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian sekaligus pembuka acara. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari keynote speaker selepas makan siang.

Pada kesempatan itu Kapushansiber membawakan materi dengan tema “Meningkatkan Kerjasama Pertahanan untuk Mengatasi Terorisme, Ancaman Siber, dan Bencana Alam”.

Isi paparan beliau pada kesempatan itu membahas mengenai sejarah perang mulai dari zaman romawi tahun 275 sebelum masehi hingga dimulainya perang siber tahun 1988, beberapa kasus serangan siber di dunia, dan berbagai kerja sama antara Kemhan RI dengan negara lain.

Sebagaimana perspektif Kementerian Pertahanan, serangan siber kini masuk dalam kategori perang hibrida dan menjadi hal yang nyata. Maka kerja sama di bidang SDM, manajemen, dan teknologi yang dilaksanakan di dalam maupun di luar negeri baik secara bilateral atau multirateral akan sangat berguna dalam menghadapi serangan siber.

Adapun keynote speaker lain yang diundang pada kesempatan itu antara lain Henry Pearson (Cyber Security Ambassador of UK), Conrad Prince (Senior Adviser BAE Systems), Marsma Sigit Priyono (Asisten Deputi Telekomunikasi dan Informasi Kemenkopolhukam), AKBP Endo Priambodo (Kanit IV Cybercrime Polri), Johny Dermawan (Dirketur Lenovo Indonesia), dan Yenny Aitan (Deputi COO Advance AI). (Red/Anang)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia