INGIN BANGUN PERTAHANAN SIBER KEMHAN, WAMENHAN: YANG TERPENTING ADALAH SDM

Kamis, 14 November 2019

Jakarta – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Sakti Wahyu Trenggono melaksanakan kunjungan kerja ke Pusat Pertahanan Siber (Pushansiber) Bainstrahan Kemhan RI pada hari Rabu (13/11).

Acara tersebut merupakan rangkaian agenda Wamenhan untuk melihat Satker Kemhan lingkup Pondok Labu, Jakarta Selatan, selain ke Pusdatin dan Balitbang.

Sekitar pukul 13.30 Wamenhan beserta rombongan tiba di Gedung Sutan Sjahrir Pushansiber Kemhan dan disambut oleh Kabainstrahan Kemhan Majen TNI Bambang Kusharto beserta para Kabid, dan Analis Madya.

Wamenhan pada kesempatan tersebut didampingi oleh Karoum Setjen Kemhan Marsma TNI Yusuf Jauhari, Kapusdatin Kemhan Brigjen TNI Domingus Pakel, dan 3 staf khususnya.

Disamping berkunjung untuk meninjau fasilitas yang dimiliki Pushansiber, Wamenhan terlebih dahulu memberikan arahan kepada para pejabat terkait pentingnya perang siber di masa depan.

Beliau ingin Kementerian Pertahanan memiliki teknologi pertahanan siber yang canggih. Namun salah satu faktor yang paling penting adalah sumber daya manusia.

“Ada tiga kemampuan yang harus kita miliki dalam membangun teknologi pertahanan siber ini.”

“Tetapi yang lebih penting dari itu semua adalah sumber daya manusianya.”

“Jadi ketika saya pergi ke Korea, Cina, lalu ke Belanda, teknologi itu fungsinya sekitar 40% saja. Tetapi 60% nya dari orang-orangnya,” jelas Wamenhan.

Demi terwujudnya pertahanan siber yang kuat baik dari segi teknologi dan SDM nya, Wamenhan akan berusaha keras untuk cepat mempelajari perkembangan siber saat ini.

“Saya akan cepat belajar dan saya akan sampaikan ini kepada Bapak Menteri,” tambah beliau. (Red/Anang)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia