KUNJUNGAN KAPUSHANSIBER DI PUSAT KEAMANAN SIBER AUSTRALIA

Jumat, 15 November 2019

Canberra – Pusat Pertahanan Siber (Pushansiber) Bainstrahan Kemhan dan Dansatsiber TNI mendapat undangan dari Atase Pertahanan Australia di Indonesia Brigadir Justin Rooke.

Isi undangan tersebut bertujuan memperkenalkan Pusat Keamanan Siber Australia kepada delegasi Indonesia. Selain itu, Brigadir Beamount selaku Director General Information Warfare mengajak para delegasi untuk melihat program cyber bootcamp.

Adapun delegasi Indonesia yang diundang adalah Kementerian Pertahanan dan Satsiber TNI dengan jumlah masing-masing 2 orang. Kemhan diwakili oleh Kapushansiber Bainstrahan Kemhan Marsma TNI Raja H Manalu dan Kolonel Lek Devis Lebo. Sedangkan Satsiber TNI mendelegasikan Wadan Satsiber TNI Kolonel Chb Tofik Tofana dan Letnan Kolonel Muhamad Ali Agus.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari terhitung mulai tanggal 13 s.d 14 November 2019 di Canberra, Australia.

Hari pertama para delegasi melaksanakan rapat dan diskusi bersama Brigadier Stephen Beaumount tentang pengembangan kemampuan pertahanan cyberspace di Russel Office Australia.

Para delegasi berkesempatan mengunjungi Australia National University (ANU) dalam rangka Cyber Bootcamp di hari kedua. Delegasi RI mendapatkan penjelasan bagaimana pendekatan pemerintah Australia dalam penangan keamanan siber, profil Australia Cyber Security Centre (ACSC), misi ACSC, keterlibatan ACSC di lingkup nasional sampai international. ASCS merupakan badan yang memimpin dan bertanggung jawab terhadap keamanan operasional siber di Australia. (Red/Anang)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia