ANGGOTA BAINSTRAHAN KEMHAN MELAKSANAKAN DONOR DARAH

Jumat, 19 Februari 2021

Kemhan(19/02/2021) Kapuslola Kawasan Bainstrahan Brigjen TNI Iswan Gunadi, S.Sos., M.SI. dan Perwakilan personel  Bainstrahan Kemhan mengikuti kegiatan Donor darah yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kemhan RI pada Jumat (19/2) di Aula Nusantara I gedung Urip Sumohardjo Kemhan RI Jakarta.

Pada kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kemhan RI kali ini mengusung tema “Memupuk Solidaritas dengan tetap donor darah ditengah pandemi covid-19, darah yang aman selamatkan jiwa”.

Proses pengambilan (donor) darah dari anggota Bainstrahan Kemhan ini dilaksanakan secara sukarela yang nantinya akan disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan dalam transfusi darah bagi yang membutuhkannya termasuk pasien yang mungkin dinyatakan positif covid 19.

Kegiatan Donor Darah ini diikuti oleh perwakilan personel dari Satker dan Subsatker dilingkungan Kemhan termasuk didalamnya Bainstrahan Kemhan, dalam rangka menyediakan stok darah ditengah program pembatasan sosial akibat wabah covid-19 yang sedang berlangsung, maka ketersediaan darahpun berpengaruh dan semakin menipis. Aksi donor darah ini diharapkan bisa membantu dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

Dikutip dari berbagai sumber manfaat yang dapat diperoleh dari donor darah ini adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus corona.(DK)

 

  

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia