KABAINSTRAHAN MENGIKUTI ENTRY MEETING SECARA DARING DENGAN BPK RI

Selasa, 10 Agustus 2021

Kemhan (10/08/2021). Kabainstrahan Kemhan didampingi pejabat eselon 2 dan 3 Bainstrahan Kemhan mengikuti acara Entry Meeting (Taklimat Awal) pada Pelaksanaan Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Pertahanan TA. 2020 dan Semester I TA. 2021 pada Unit Organisasi (UO) Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, oleh BPK RI secara daring di Ruang Rapat Chanti Dharma Bainstrahan Kemhan gedung AH.Nasution Lt 15. Kegiatan Entry Meeting tersebut dipimpin oleh Irjen Kemhan RI dan dalam acara ini hadir secara daring Auditor Utama Keuangan Negara I Novy G.A. Pelenkahu, MB.,Ak,CSFA. yang menyampaikan beberapa penekanan terkait pelaksanaan pemeriksaan.

Sesuai amanat Undang-Undang No 15 Tahun 2006 BPK RI bertugas melaksanakan pemeriksaan terhadap seluruh laporan keuangan Kementerian/Lembaga termasuk diantaranya adalah Laporan Keuangan Kemhan/TNI. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk melihat sejauh mana penyusunan laporan keuangan disusun dihadapkan pada empat kriteria yaitu, kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), Kecukupan Pengungkapan, Ketaatan Terhadap Peraturan Perundang-undangan, dan Sistem Pengendalian Intern.

Setelah pelaksanaan entry meeting ini, Tim Pemeriksa BPK RI akan melanjutkan kegiatan pemeriksaan di setiap UO. Selain itu, Tim Pemeriksa BPK RI sebagai pengemban fungsi audit dan jajaran UO Kemhan, Mabes TNI, AD, AL, dan AU, dapat bersinergi saling bahu-membahu dalam rangka mewujudkan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan yang transparan dan akuntabel. Karenanya, Irjen Kemhan berpesan kepada para pejabat di lingkungan UO agar kooperatif dalam menyajikan data dukung maupun informasi yang dibutuhkan dan berkoordinasi serta melakukan rekonsiliasi yang ketat dari satker terkecil sampai dengan tingkat eselon, untuk meminimalisir terjadinya selisih data dan mencari solusi terbaik dalam pemecahannya.

Sementara itu Auditor Utama Keuangan Negara I Novy G.A. Pelenkahu, MB.,Ak,CSFA. dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Taklimat awal atau entry meeting adalah salah satu bentuk komunikasi antara pemeriksa dan entitas agar tercipta kesamaan persepsi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemeriksaan pelaporan keuangan. Ketua Tim Pemeriksa BPK ini juga menekankan beberapa perhatian dalam laporan keuangan UO TA.2020 dan Semester I TA. 2021 karena Laporan Keuangan Kemhan/TNI sangat penting bagi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat secara keseluruhan, mengingat jumlah anggaran yang besar sehingga menjadi barometer terhadap keberhasilan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat secara keseluruhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia