KABAINSTRAHAN KEMHAN MEMBUKA KEGIATAN FGD TENTANG AUKUS DAN QUAD

Rabu, 11 Oktober 2023

Jakarta. Kabainstrahan Kemhan secara resmi membuka penyelenggaraan Forum Group Discussion (FGD) tentang Keamanan Regional AUKUS dan QUAD pada rabu 11/10. AUKUS adalah sebuah pakta keamanan trilateral antara Australia, Britania Raya (UK), dan Amerika Serikat (AS) yang didirikan pada 15 September 2021. Di bawah pakta tersebut, Amerika Serikat dan Britania Raya akan membantu Australia untuk mengembangkan dan mengerahkan kapal-kapal selam bertenaga nuklir, selain mengerahkan militer barat di kawasan Pasifik, sedangkan QUAD adalah KemitraanEmpat negara di kawasan Indo-Pasifik yakni Australia, India, Jepang, dan Amerika Serikat (AS).

Dalam sambutannya Kabainstrahan Kemhan mengatakan bahwa rivalitas dan konflik antara Amerika Serikat dan China yang secara geografis letaknya tidak jauh dari posisi Indonesia tentunya akan memberikan dampak yang besar baik dari segi keamanan maupun dari segi ekonomi sehingga diperlukan mitigasi dalam rangka meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Kegiatan Forum Gruop Discussion melibatkan kementrian dan lembaga terkait diantaranya Kemenkomarvest, Ditjen Hubungan Laut Kemenhub, Asean Headquarters, Wantannas, Bakamla, Kemenkopolhukam, KLHK, BRIN, Bapeten, TNI AL dan TNI AU.*

Turut hadir sebagai narasumber, dari Kemlu yang diwakili oleh Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata Caka Alverdi Awal, dari KOMPAS Edna Caroline Pattisina, dari Binus University Curie Maharani Savitri, Ph.D., Penanggap aktif dari 15 institusi Kementerian / Lembaga.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia