RAKORNIS BARANAHAN KEMHAN TA. 2021

Sabtu, 6 Maret 2021

Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Baranahan Kemhan) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Pusat Barang Milik Negara Badan Sarana Pertahanan Kemhan (Rakornis Pus BMN Baranahan Kemhan) TA. 2021. Rakornis Pus BMN Baranahan Kemhan merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan tiap awal tahun dengan tujuan melaksanakan evaluasi program kegiatan tahun lalu dan menyamakan persepsi antar penyelenggara penatausahaan Sistim Informasi Manajemen Akuntansi Barang Milik Negara, dalam menyelenggarakan program kegiatan tahun berjalan dilingkungan Kemhan dan TNI.

Mengambil tema “Meningkatkan Kinerja, Akuntabilitas dan Sinergitas Penyelenggaraan BMN guna Mendukung Pertahanan yang Kuat dan Mandiri” Rakornis Pus BMN Baranahan Kemhan TA. 2021 dibuka oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan  Kementerian  Pertahanan,  Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari, S. Sos., M. Eng. pada tanggal 6 Maret 2021 di Aula Gedung Kapten Pierre Tendean Lt. 8  Jl.  Medan Merdeka Barat No. 13-14 Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut Kabaranahan Kemhan menyampaikan arahan dan penekanan kepada para peserta rapat agar melaksanakan pengelolaan BMN sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, Kabaranahan Kemhan juga menekankan agar setiap Unit Organisasi melaksanakan Up date seluruh data tanah untuk pensertifikatan tahun 2022, disamping itu peran serta para pemangku kepentingan agar lebih ditingkatkan untuk mendorong pelaporan BMN yang transparan dan akuntabel guna mewujudkan laporan Keuangan Kemhan dan TNI yang handal dalam rangka mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Kabaranahan Kemhan juga menyampaikan agar terus memelihara dan meningkatkan kerja sama koordinasi yang lebih harmonis antara Pus BMN dan seluruh UO. Mabes TNI dan Angkatan. Dihadapan para peserta rapat Kabaranahan juga menekankan agar membuat upaya nyata untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan SDM Personel pengawak BMN agar secara lebih dini mampu menyesuaikan setiap kebijakan dan perkembangan teknologi.

Dalam rangka menambah wawasan para peserta rapat, Rakornis Pus BMN Baranahan Kemhan TA. 2021 mengundang nara sumber Direktorat BMN DJKN Kemenkeu untuk menyampaikan topik terkait Pensertifikatan BMN berupa Tanah dan pelaksanaan Asuransi BMN.

Guna mencegah penyebaran Covid 19 Rakornis Pus BMN Baranahan Kemhan TA. 2021 dilaksanakan secara offlline (fisik) dihadiri oleh para peserta  penyelenggara BMN Kemhan/TNI area Jakarta dan juga dilaksanakan secara online (daring) diikuti oleh peserta dari para penyelenggaran BMN diseluruh Kotama    TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU. Rakornis Pus BMN Baranahan Kemhan TA. 2021 dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI.

Rakornis Pus BMN Baranahan Kemhan TA. 2021 ditutup oleh Kepala Pusat Barang Milik Negara Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kapus BMN Baranahan Kemhan), Marsekal Pertama TNI Agus Ismanto, S.E., M.A.P.

Kapus BMN menyampaikan agar para peserta terus meningkatkan kemampuan bidang teknologi informasi, menjaga dan mempertahankan aset negara terutama tanah dan bangunan dengan meningkatkan status kepemilikan melalui pensertifikatan guna meminimalisir upaya pihak tertentu yang dapat merugikan kepentingan Kemhan/TNI, disamping itu permasalahan TKTM agar diselesaikan melalui koordinasi yang baik antara satker penerima dan satker pengirim agar selisih absolut TKTM bisa diminimalisir. Dalam rangka menekan resiko hilangnya aset akibat bahaya kebakaran dan bencana alam, agar dimaksimalkan jumlah gedung Kemhan/TNI yang diasuransikan. Terakhir Kapus BMN menekankan agar Opini WTP terhadap Laporan Keuangan Kemhan dan TNI dapat dipertahankan didukung laporan BMN yang handal, transparan dan akuntabel.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia