Sosialisasi Aplikasi Sakti di Lingkungan Kemhan dan TNI TA. 2021

Senin, 15 November 2021

Kapus BMN Baranahan Kemhan membuka secara resmi acara sosialisasi aplikasi Sakti di lingkungan Kemhan dan TNI TA. 2021 yang dilaksanakan oleh Pus BMN Baranahan kemhan. Kapus BMN Marsma TNI Agus Ismanto, S.E., MAP. membacakan sambutan Kabaranahan Kemhan, dalam sambutanya Kabaranahan Kemhan menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama bahwa aplikasi Sakti dari Kemenkeu akan mulai diimplementasikan pada awal TA. 2022, untuk menghadapi hal tersebut maka perlu dilaksanakan sosialisasi. Aplikasi Sakti adalah aplikasi yang digunakan oleh satker sebagai pengganti dari aplikasi Simak BMN dan persediaan yang masih offline menjadi aplikasi sakti yang sudah online. aplikasi ini digunakan untuk mendukung pengelolaan keuangan dimulai dari proses perencanaan, penganggaran dan pelaporan atau pertanggungjawaban. Aplikasi sakti ini digunakan dari tingkat satker, wilayah, eselon dan kementerian dengan menerapkan konsep single database. Dengan adanya kegiatan sosialisasi diharapkan para operator simak bmn di lingkungan Kemhan dan TNI dapat memahami dan mampu mengoperasikan aplikasi Sakti dengan baik pada TA. 2022 nanti.

Pada aplikasi Sakti total keseluruhan terdapat delapan modul, namun pada sosialisasi ini hanya dilaksanakan tiga modul yaitu modul komitmen, modul persediaan dan modul aset atau hanya yang terkait dengan pengelolaan BMN.

Sosialisasi Sakti ini diikuti oleh seluruh operator Simak BMN tingkat satker di wilayah Jakarta yang dilaksanakan dari tanggal 15 s.d. 18 november 2021. Mengingat pentingnya sosialisasi Sakti ini diharapkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, fokus dan serius serta dapat menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber.

Lebih lanjut Kabaranahan Kemhan mengucapkan terimakasih banyak atas kesediaannya kepada narasumber dari SITP DJPB Kemenkeu untuk memberikan materi pada pelaksanaan sosialisasi sakti ini. Saya selaku kabaranahan kemhan atas nama Menteri Pertahanan RI, yang bertanggung jawab menyusun laporan BMN tingkat Kemhan dan TNI menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas diperolehnya opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK RI pada laporan keuangan Kemhan dan TNI TA. 2020. Opini ini tidak lepas dari usaha kita bersama terutama para pengawak simak BMN yang hadir di acara ini yang sudah berusaha keras, tidak mengenal lelah dan sudah berusaha terbaik untuk Kemhan dan TNI sehingga dapat menyajikan laporan BMN yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelum menutup sambutan ini ada tiga tugas yang harus diselesaikan sampai dengan akhir TA. 2021 yaitu penyusunan RK BMN (rencana kebutuhan barang milik negara), penyelesaian temuan BPK LKPP TA. 2020 dan penyusunan laporan BMN akhir tahun 2021. Dengan tugas yang begitu banyak, saya tetap mengajak kita semua untuk dapat menyeimbangkan antara tugas dan menjaga kesehatan, kesehatan adalah segala galanya baik untuk diri kita sendiri maupun keluarga. Makna dari yang saya sampaikan adalah kita boleh bekerja maksimal dan sekuat tenaga namun tetap menomorsatukan kesehatan.

Di akhir sambutanya Kabaranahan Kemhan menyampaikan kepada para operator Simak BMN tetap semangat dan tidak bosan untuk terus belajar guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam menghadapi peerkembangan informasi dan teknologi serta sistem pengelolaan BMN yang terus berkembang.

Tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada kapuslapbinkuhan kemhan yang sudah mengijinkan menggunakan tempat dan perlengkapan untuk kegiatan ini, semoga kerja sama yang sudah berjalan sangat baik antara Pus BMN Baranahan Kemhan dan Puslapbinkuhan Kemhan selama ini dapat terus dipertahankan ke depannya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia