Kunjungan Sekjen Kemhan dalam Rangka Peninjauan Pembangunan Cyber Operation Center

Thursday, 16 October 2014

b844fa4cd03c96d45747b19230b0d5ad.jpg

Kunjungan Sekjen Kemhan, Letjen TNI Budiman pada tanggal 18 Nopember 2013, dalam rangka peninjauan pembangunan Cyber Operation Center. Pembangunan COC sebagai embrio Cyber Defence saat ini telah dilaksanakan sampai dengan tahap “siap operasional”, sehingga sudah dapat digunakan oleh tim pendukung Cyber Operation Center sebagai personil yang akan mengawaki COC.

Diungkapkan oleh Kapusdatin, COC diperkuat oleh tim yang berkecimpung di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tim COC tersebut, meliputi bagian dari preventif (pencegahan), analisis bentuk ancaman, monitoring (pengawasan) terhadap ancaman atau gangguan dari pada hecker, recovery (Perbaikan/pembenahan), attack (Penyerangan) dan tim administrasi.

Lebih lanjut dijelaskan Kapusdatin, menjelaskan salah satu tugas dari tim ini yaitu melakukan pembangunan, pengoperasionalan, pemeliharaan dan pengembangan sistem Cyber Defence Kemhan. Disamping itu tim COC melaksanakan fungsi pelayanan informasi dan konsultasi serta pemberian bantuan tekhnis atas ancaman dan gangguan keamanan yang terjadi di dalam infrastruktur cyber dilingkungan Kemhan. Tim akan memberikan sosialiasi kepada seluruh personel Kemhan, berguna untuk membangun kesadaran bersama tentang keamanan informasi dilingkungan Kemhan dan TNI.

Admin




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia