Sosialisasi Email Kemhan dalam Rangka Pengamanan Informasi

Tuesday, 6 January 2015

872eecf2af02fa8d89f1142f9734c046.jpg

Tanggal  17 Desember  2014 di Gedung Aula Lt. 3 Untung Suropati Pusdatin Kemhan Jl. RS. Fatmawati NO. 1 Pd. Labu Jkt-Sel, Pusdatin Kemhan menyelenggarakan Sosialisasi Email Kemhan Dalam Rangka Pengamanan Informasi. 

Acara dibuka oleh sambutan Kapusdtin Kemhan yang dibacakan oleh Kolonel CHB Kunto WIbowo. Peserta Sosialisasi adalah seluruh anggota Pusdatin Kemhan.  Dengan nara sumber :

1. Kol. Eko Wing Wahjudi, S.T dan PNS Roselyn

   (Sosialisasi Email Kemhan bagi anggota Pusdatin)  

2. Kol. Chb Dominngus Pakel S.Sos (Keamanan Informasi) dan Mayor Sutomo

    (Security Awarness)

Sebagaimana diketahui,  email adalah merupakan sistem untuk  mengirim data secara elektronik melalui komputer atau telepon seluler dalam suatu jaringan komputer intranet maupun jaringan komputer internet.

Sebuah email memang sangat dibutuhkan oleh organisasi. Salah satu usaha untuk mengamanankan informasi dalam pengiriman file atau pertukaran data yang bersifat rahasia dapat menggunakan email yang memiliki domain sendiri. Saat ini Pusdatin memanfaatkan serta mendayagunakan email dengan nama domain kemhan.go.id guna memberikan layanan informasi dengan mudah dan cepat bagi pimpinan, antar pegawai maupun antar user.  

Dalam rangka pengamanan informasi dihimbau kepada pegawai kemhan untuk menggunakan email Kemhan yang baru  dalam semua urusan kedinasan. Sehingga untuk urusan kedinasan tidak perlu lagi menggunakan email umum atau gratisan seperti yahoo, google dll.

Bagi personil Kementerian Pertahanan memiliki email dengan nama domain sendiri, akan memberikan penilaian dan reputasi tersendiri dan membuat kita lebih profesional, sebab alamat email dengan nama domain kemhan.go.id dipercaya lebih aman dari aspek security system daripada domain gratis seperti Gmail.com atau Yahoo.com.

Mengapa disarankan untuk urusan kedinasan menggunakan email yang resmi karena Email yang resmi dan memiliki domain sendiri akan menjamin semua data rahasia dinas yang akan dikirimkan. Dimana Server dan Database yang mengelola adalah Pusdatin. Kolonel Eko Wing, S.T sebagai nara sumber menghimbau sebagai alat untuk pengiriman file atau pertukaran data yang bersifat kedinasan diharapkan kepada seluruh anggota Kemhan, Pusdatin khususnya untuk menggunkan email Kemhan yang baru. Dengan menggunakan email tersebut sudah sebagai salah satu cara untuk pengamanan informasi. Tetapi perlu diketauhi Email Kemhan tidak digunakan untuk keperluan pribadi seperti daftar belanja online, daftar facebook dll. Karena dikhawatirkan server menjadi penuh sehingga email yang digunakan untuk dinas menjadi lambat.

Kolonel Eko Wing menekankan untuk menggunakan Email Kemhan untuk semua urusan kedinasan, sedangkan untuk keperluan pribadi silahkan menggunakan email yang umum dan gratisan.

Pada sosilisasi juga dijelaskan untuk mengambil data pada alamat Email Kemhan yang lama adalah https://arsip-mail.kemhan.go.id, gunakan user dan password yang lama. Sedangkan Alamat Webmail Kemhan yang baru adalah https://mail.kemhan.go.id

Kegiatan sosialisasi email kemhan kali ini adalah untuk memberi wawasan dan pengetahuan bagi personel Pusdatin dalam menggunakan email kemhan dengan baik dan benar. 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia