Panduan Singkat Merubah Dokumen Word ke Format PDF Melalui Office Word 2013

Tuesday, 6 October 2015

Setiap pengguna Office Word tentunya sudah mengenal file dalam bentuk PDF. Untuk mengingatkan kembali, PDF  atau kepanjangan dari  Portable Document Format  adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, tingkat penggunaan dokumen berformat PDF relatif rendah. Pada saat itu perangkat lunak untuk membuat dokumen PDF (Adobe Acrobat) dan perangkat lunak untuk membacanya (Acrobat Reader, sekarang Adobe Reader) tersedia secara komersial, tidak didistribusikan gratis.

Dengan perkembangan teknologi saat ini untuk merubah format PDF tidak diperlukan lagi tambahan software khusus untuk membaca file PDF. Bahkan saat ini banyak web-web yang menyediakan informasinya dalam bentuk PDF. Karena mudah di download. Seiring waktu inilah banyak pengguna office mulai menyukai PDF.

Para pengguna Office 2013 saat ini sangat dimudahkan untuk merubah dokumen word menjadi PDF. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana merubah dokumen word menjadi format PDF atau istilah dalam bahasa asingnya Convert.

1.  Siapkan terlebih dahulu file word yang akan di rubah menajdi file dalam format PDF, seperti tayangan dalam gambar berikut  :

2.   Kemudian pada menu file klik Export, pilih Create PDF / XPS Document  , kemudian klik Create PDF/XPS.   Untuk lebih jelasnya lihat tayangan gambar berikut :

3.   Kemudian simpanlah  file PDF tersebut ke folder yang diinginkan, dengan menekan tombol Publish.

Untuk memastikan bahwa file PDF sudah berhasil di buat ceklah folder tempat meletakan file PDF tersebut.

Sebagai tanda bahwa file tersebut sudah dibuat lihatlah logo file PDF di samping text nama file, seperti gambar berikut :

Demikianlah panduan singkat merubah file word menjadi format PDF, tidak sulit bukan. Selamat Mencoba.  

–  Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Portable_Document_Format

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia