Pembekalan Materi Pengamanan Informasi

Monday, 24 October 2016

Pembekalan materi Pengamanan informasi telah dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 6 Oktober 2016 di Gedung Lab Komputer Pusdatin Kemhan. Adapun Pengertian tentang keamanan informasi tidak terlepas dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian data dan informasi itu sendiri. Pemahaman masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Seringkali masalah keamanan cenderung berada pada urutan terakhir dari hal-hal yang dianggap penting sehingga berdampak bocornya suatu rahasia dan ini tidak boleh terjadi.

1Pusdatin Kemhan adalah salah satu unsur pelaksana tugas Kementerian Pertahanan di bidang teknologi informasi perlu menjaga dan merawat infrastruktur yang ada serta melindungi jaringan komunikasi data, Web dan E’mail pada konteks keamanan sistem informasi. Kemampuan untuk mengakses dan mendistribusi informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi sebuah organisasi didalam Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Pertahanan.

Dampak positif dan negatif telah dirasakan seiring berkembangnya sosial media, berkembang pula cyber crime alias kejahatan di dunia maya. Contoh yang paling sering kita temui pencurian data, penculikan, penggunaan user-id atau akun identitas satuan kerja bahkan akhir-akhir ini permainan game pokemon yang mengarah pada obyek vital disalahgunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab.

Oleh sebab itu Pusdatin Kemhan perlu membekali personilnya dengan materi keamanan informasi baik dalam kedinasan maupun pribadi, agar mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya serta memahami dalam menjaga keamanan data dan informasi lewat jejaring sosial maupun jaringan komputer.

Demikian sambutan yang di sampaikan pada pembekalan materi Pengamanan Informasi yang di sampaikan oleh Kabag TU Kolonel Chb Decky Haryanto Sumadi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia