Upacara Minggu ke-5 Bulan Juli 2018

Senin, 30 Juli 2018

1Jakarta, 30 Juli 2018. Satker Kementerian Pertahanan yang berlokasi di Pondok Labu Jakarta Selatan yaitu Balitbang, Pusjemen, Pusbahasa, Puskod dan Pushansiber melaksanakan upacara mingguan pada tanggal 30 di bulan Juli 2018. Pada upacara mingguan tersebut Pusdatin Kemhan bertugas sebagai  penyelenggara upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapusdatin Kemhan diwakili oleh Kabid Bangsis Infohan Kolonel Chb Dominggus Pakel, S.sos, dan sebagai Komandan Upacara Letkol Chb Wiyoto. Dalam amanatnya Irup menyampaikan upacara bendera rutin ini sebagai sarana untuk memelihara dan meningkatkan semangat nasionalisme kita dalam Berbangsa dan Negara ditengah derasnya arus globalisasi, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar sesama Pegawai Kementerian Pertahanan di satker lingkungan pondok labu.

Pusdatin Kemhan sebagai Leading Sector kegiatan bidang Teknologi Informasi dalam mendukung tugas pokok kementerian pertahanan, tidak pernah berhenti untuk terus menerus mengembangkan dan melakukan inovasi dalam rangka menjawab perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat, guna kepentingan penyajian data secara cepat, tepat dan akurat untuk mendukung pimpinan dalam mengambil keputusan. Penyajian data ini dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk salah satunya isu yang bersifat nasional, regional bahkan internasional yang sedang update saat ini, antara lain adalah terjadinya kebocoran data milik jutaan pengguna media sosial facebook Indonesia yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang diperoleh dari data-data pribadi  dimana kita telah pernah memasukkan data pribadi secara lengkap pada saat melakukan regitrasi. Dengan adanya kebocoran data Akun pengguna facebook tersebut, dapat kemungkinan disalahgunakan untuk kejahatan. Kejahatan lain yang trend saat ini adalah pencurian data nasabah perbankan, baik melalui akun email maupun dengan memanfaatkan fasilitas internet.

Diakhir amanatnya, Kapusdatin menghimbau kepada seluruh Pegawai Kementerian pertahanan untuk senantiasa waspada dan lebih bijak dalam menggunakan sarana atau fasilitas yang berhubungan dengan teknologi informasi. Jangan mudah men-share data-data pribadi tanpa terlebih dahulu mengetahui maksud dan tujuannya dengan jelas, terlebih data yang behubungan dengan kepentingan dinas. Lakukan penggantian password secara rutin, dan update antivirus pada perangkat Memaksimalkan aplikasi yang telah dimiliki kemhan seperti Email kemhan.go.id, dan kemhan chat, dalam setiap aktifitas pengiriman data untuk kepentingan dinas. Keamanan teknologi saat ini sangat penting dilaksanakan, terutama menjelang tahun-tahun politik dengan akan diadakannya pemilu, maka pemanfaatan teknologi informasi termasuk didalamnya sarana media social akan menjadi massif untuk berbagai kepentingan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia