Upacara Minggu Ke-3 Bulan Oktober 2018

Senin, 15 Oktober 2018

1Jakarta, 15 Oktober 2018. Satker Kementerian Pertahanan yang berlokasi di Pondok Labu Jakarta Selatan yaitu Balitbang, Pusjemen, Pusbahasa, Puskod dan Pushansiber melaksanakan upacara mingguan pada tanggal 15 Oktober 2018.

Pada upacara mingguan tersebut Pusdatin Kemhan bertugas sebagai penyelenggara upacara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kabag TU Kolonel Chb Murdiyono mewakili Kapusdatin Kemhan dan sebagai Komandan Upacara adalah Letkol Inf Tito Bernadin.

Dalam amanatnya Irup menyampaikan, hadirnya kemajuan teknologi informasi, terutama internet telah mendorong terjadinya perubahan sosial yang diikuti pola pikir atau perilaku warga Negara atau Citizen menjadi warga Internet atau Netizen.

Media sosial seperti facebook, twiter, instagram, line dan sebagainya memiliki pengaruh penting dalam perubahan pola hidup, cara berfikir dan bertindak masyarakat. Media sosial memberikan kebebasan penggunanya untuk berbicara, menyampaikan pendapat, dan mencari bahkan menerima informasi. Namun persoalannya, informasi yang disajikan tidak semuanya memberikan manfaat yang positif. Warga internet atau Netizen pada saat ini sedang dilanda kekhawatiran dengan maraknya berita bohong atau Hoax.

Fenomena Hoax muncul sebagai akibat kebebasan penggunaan media sosial oleh para Netizen yang kurang bijak dan bertanggung jawab, yang dilandasi berbagai motif, diantaranya faktor ekonomi, politik ataupun sekedar iseng/candaan. Sebagai pegawai Kementerian Pertahanan, Kita diharapkan tidak terkontaminasi oleh berbagai penyebaran berita bohong atau hoax, namun senantiasa melakukan tindakan bijak terhadap munculnya berita hoax tersebut. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan tidak ikut menyebarkan berita-berita yang diterima tanpa meyakini atau mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dan keabsahannnya dari sumber terpercaya. Terlebih lagi menjelang perhelatan pesta demokrasi yaitu pemilu tahun 2019, dimana eskalasi poltik tanah air akan terus meningkat dinamikanya. Oleh karena itu dalam berbagai kesempatan, Bapak Menteri Pertahanan selalu menghimbau agar seluruh pegawai Kemhan baik TNI maupun ASN untuk senantiasa menjaga netralitas dan soliditas, sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh pihak-pihak manapun yang mencari keuntungan sesaat, namun berdampak memecah belah persatuan dan kesatuan kita.

Diakhir amanatnya Irup mengajak seluruh pegawai Kementerian Pertahanan khususnya satker dilingkungan Pondok Labu, untuk senantiasa menciptakan situasi yang kondusif dan tenteram, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia