Perbatasan Kuat, NKRI Makin Berdaulat

Monday, 18 February 2019

RMOL. Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menjelaskan, ada tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) telah dibangun selama empat tahun terakhir.

Pembangunan tujuh PLBN ini yang menelan anggaran sebesar Rp 943 miliar ini bertujuan untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan mengembangkan kawasan perbatasan melalui pendekatan keamanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ryamizard menambahkan, pihaknya sudah membangun 999,5 kilometer Jalan Inspeksi dan Patroli Perbatasan (JIPP) serta Jalan Administrasi.

“Dalam program pengamanan perbatasan, Kementerian Pertahanan telah membangun 999,5 kilometer JIPP dan Jalan Administrasi di sepanjang perbatasan dengan Malaysia di Kalimantan,” kata Ryamizard, seperti keterangan Kementerian Pertahanan yang diterima redaksi (Sabtu, 16/2).

Untuk melengkapi infrastruktur itu, sambungnya, Kementerian Pertahanan juga telah membangun Pospamtas, Border Sign Post (BSP), dan pilar perbatasan.

i Pembangunan komponen pertahanan di perbatasan itu juga diperkuat dengan pemenuhan kekuatan pokok minimum TNI yang mencapai 61,8 persen.

“Selain itu untuk memberi rasa sejahtera bagi para prajurit sudah dibangun 241.441 unit rumah negara untuk mereka termasuk yang bertugas di perbatasan,” kata Ryamizard, dalam keterangan yang sama.

Pengamanan di perbatasan menurut Ryamizard perlu dilakukan sebagai bagian dari membangun profesionalisme TNI yang berujung pada memperkuat kedaulatan NKRI. [mel]

Sumber berita dan gambar :
https://keamanan.rmol.co/read/2019/02/16/378882/Perbatasan-Kuat,-NKRI-Makin-Berdaulat




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia