Upacara Minggu ke – 1 Bulan Juli 2019

Monday, 1 July 2019

Upacara Minggu ke-1 Juli 2019Jakarta, 1 Juli 2019. Satker Kementerian Pertahanan yang berlokasi di Pondok Labu Jakarta Selatan yaitu Balitbang, Pusjemen, Pusbahasa, Puskod dan Pushansiber melaksanakan upacara mingguan pada tanggal 1 Juli 2019.

Pada upacara mingguan tersebut Pusdatin Kemhan bertugas sebagai penyelenggara upacara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapusdatin Kemhan Brigadir Jendral TNI Dominggus Pakel, S.Sos, M.M.S.I diwakili oleh Analis Kebijakan Madya Bidang TU Pusdatin Kemhan Kolonel Cba Drs. M Hafil Amirudin, M.M dan sebagai Komandan Upacara Letkol Chb Budi Kawoso.

Mengawali amanatnya, Irup menyampaikan upacara bendera mingguan bertujuan untuk memupuk kedisiplinan dan cinta tanah air juga sebagai sarana silahturahmi antar personel Satker Kementerian Pertahanan di lingkungan Pondok Labu dan sebagai media berbagi informasi.

Informasi yang berkembang secara nasional saat ini adalah hasil putusan Mahkamah Konstitusi berkaitan dengan Pilpres 2019. Sebagai Aparatur Pemerintah dan warga Negara Indonesia kita wajib menghormatinya, bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugas. Namun harus tetap waspada dan berhati-hati dalam menyingkapi maraknya penyebaran informasi yang begitu cepat di masyarakat melalui media sosial. Sebab berita yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya adalah berita hoax yang dapat mengganggu stabilitas nasional.

Berkaitan dengan tugas Pusdatin Kemhan yaitu melaksanakan pembinaan, pengembangan dan standarisasi teknis di bidang sistem informasi, sistem komunikasi data dan persandian Pertahanan Negara. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan kebutuhan akan data yang bersifat statis dan dinamis menuju pada kebutuhan akan Big Data. Data statis dan dinamis Kemhan yang diolah dalam Sistem Informasi Pertahanan Negara atau Sisfohanneg memberikan informasi secara utuh, akurat, terukur dan terstruktur guna dijadikan sebagai bahan pengambilan kepurusan bagi pimpinan.

Berkaitan dengan kebutuhan yang begitu cepat terhadap informasi yang berkembang, Kemhan dalam hal ini pusdatin telah membangun Big Data untuk kepentingan Monitoring dan analisis terhadap perkembangan informasi khususnya informasi yang berkaitan dengan pertahanan guna mendukung tugas pemerintah dalam menjamin stabilitas nasional.

Diakhir amanatnya, Irup mengingatkan saat ini kita memasuki Tri Wulan III semester II tahun 2019, untuk itu kita perlu semaksimal mungkin menyiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam program kerja Kemhan tahun 2019, agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan, sehingga daya serap anggaran dapat terlaksana secara maksimal sesuai dengan perencanaan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia