Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan

Senin, 11 November 2019

Jakarta, 11 November 2019. Satker Kementerian Pertahanan yang berlokasi di Pondok Labu Jakarta Selatan yaitu Balitbang, Pusjemen, Pusbahasa, Puskod dan Pushansiber melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Pada upacara bendera tersebut Pusdatin Kemhan bertugas sebagai penyelenggara upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Analis Kebijakan Madya Bid. Sistem Informasi Kolonel Laut (KH) Isam Adi, S.Sos., M.M. dan sebagai Komandan Upacara Letkol Chb Wiyoto, S.E., M.AP.

 

Tema nasional yang diangkat dalam Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 ini adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”. Melalui tema ini diharapkan kita memiliki semangat kepahlawanan dan bergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. Dengan menjadi Pahlawan masa kini, maka setiap insan masyarakat Indonesia kiranya dapat menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara. Tentunya keharmonisan dalam bingkai NKRI dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Maka dari itu marilah kita menjadi Pahlawan masa kini, dengan berlomba-lomba menunjukkan prestasi yang membanggakan serta dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara. Implementasinya dapat dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal di sekitar kita. Semangat Pahlawan selalu bersemayam di hati sanubari kita semua.

 

Bela negara merupakan kewajiban warga negara Indonesia yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan bertanggung jawab dalam mengabdi kepada negara dan bangsa. Ketahanan Negara tidak muncul begitu saja tetapi merupakan kemampuan kolektif dalam membela dan mempertahankan negara dan harus ditumbuh kembangkan melalui proses yang terencana, bertahap dan terintegrasi. Hal ini menunjukkan bahwa SDM pertahanan memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan pertahanan negara. SDM Pertahanan yang profesional dan berkualitas serta memiliki semangat pengabdian dan perjuangan yang gigih tak kenal menyerah akan memperkokoh persatuan dan kesatuan.

 

Di akhir amanatnya, Irup menyampaikan arahan Menhan RI bahwa segenap personel Kemhan mampu melaksanakan tugas seoptimal mungkin dilandasi semangat kerja yang militan penuh perjuangan terhadap sesama. Nilai-nilai kepahlawanan yang tanpa pamrih hendaknya di implementasikan dalam setiap aktivitas sehari-hari di Kemhan. Jadilah Pegawai Kemhan yang berdisiplin dan berdedikasi tinggi, proporsional dan profesional, serta memiliki integritas tinggi, sehingga tugas-tugas penyelenggaraan pertahanan negara dapat dilaksanakan dengan baik. Banyak prestasi kerja yang sudah ditorehkan di masa yang lalu, hendaknya menjadi acuan untuk berbuat yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

Demikian amanat yang dibacakan oleh Irup dalam memperingati Hari Pahlawan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia