Pusdatin Melaksanakan FGD terkait SPBE, Website Kemhan dan TIK Kemhan

Kamis, 14 November 2019

Jakarta, 14 November 2019. Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemhan melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan Kemhan pada hari Kamis, 14 November 2019. Kegiatan FGD yang dihadiri 25 orang pejabat Eselon IV dan Eselon III Bag. Datin Satker Kemhan dan Biro Ortala di lingkungan Kemhan. Kapusdatin Kemhan Brigjen TNI Dominggus Pakel, S.Sos., M.M.S.I, menyampaikan empat poin dalam sambutannya yaitu bahwa perkembangan TI sangat cepat dan berdampak terhadap kehidupan sehari-hari baik dari aspek ekonomi dan sosial budaya. Melalui forum ini, diharapkan data semakin mudah mengalir dari seluruh satker, karena sistem tidak dapat berjalan jika data tidak mengalir. Kapusdatin menjelaskan bahwa data merupakan investasi dalam rangka pertahanan dan ketahanan bangsa.

 

Selain itu, Kapusdatin menyampaikan bahwa website Kemhan perlu ditingkatkan kualitas dan kreatifitasnya sehingga pengguna mendapatkan akses selengkap mungkin tentang kebijakan-kebijakan. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama. Jika tidak, Kemhan akan dinilai sebagai institusi pemerintah yang tidak terbuka oleh masyarakat.

 

Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) dimana yang menjadi leading sector adalah Biro Ortala Kemhan, Pusdatin menyampaikan siap dengan segala kemampuan untuk mendukung secara teknis Teknologi Informasi untuk membantu Biro Ortala dan Biro Humas. Diharapkan para pemangku kepentingan tidak ragu atas dukungan Pusdatin Kemhan.

 

Kapusdatin berharap agar diskusi ini mencapai kesepakatan bersama agar website Kemhan bisa menjadi lebih baik, Bag Datin Satker dapat mengalirkan data ke Pusdatin Kemhan untuk mencapai satu data Kemhan dan penggunaan Aplikasi berbagi pakai yang dapat mendukung keberhasilan SPBE di Kemhan.

 

Forum ini juga menjadi kesempatan bagi satker lain yang hadir untuk menyampaikan saran untuk Website Kemhan dan pelaksanaan SPBE di lingkungan Kemhan serta berbagi permasalahan yang sedang dihadapi terkait pengembangan TIK di satkernya masing-masing. Poin utama dari berbagai masukan yang diterima adalah agar terlaksananya Tata Kelola TIK khususnya aliran data yang terintegrasi dan peningkatan kualitas website di lingkungan Kemhan sebagai sarana informasi publik.

 

Kegiatan FGD ini selesai pada pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan paparan Penggelaran Sistem Progja dan Sisfo Berita dan Medsos oleh Pusdatin Kemhan serta makan siang bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia