Penutupan Rakor Penyusunan Grand Design TIK Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan

Selasa, 10 Desember 2019

Jakarta, 10 Desember 2019. Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemhan melaksanakan Penutupan Rakor Penyusunan Grand Design terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan Kemhan, Mabes TNI dan Mabes  Angkatan. Diskusi dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 10 Desember 2019. Kegiatan Rakor Penyusunan Grand Design TIK tersebut dihadiri 48 orang pejabat Eselon IV dan Eselon III Bag. Datin Satker Kemhan, Disinfolahta TNI dan  Disinfolahta Angkatan. Kegiatan penutupan Rakor Penyusunan Grand Design TIK di tutup oleh Kabid Banglola Sisfohan Kolonel Inf Aldrin Ali Bahasoan, S.H. mewakili Kapusdatin Kemhan.

Hasil dari diskusi disampaikan bahwa data agar terintegrasi dalam Big Data Kemhan, Pembangunan Data Center, sistem informasi dan keamanan data di Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan.

Kapusdatin dalam amanat penutupannya menyampaikan data eksternal dan internal harus ada pada satu platform teknologi yang sama agar dapat saling terintegrasi. Oleh sebab itu dalam hal ini fokus akan dibagi kedalam Sistem, Infrastruktur dan Security. Yang bertanggung jawab internal adalah peran Pusdatin sedangkan untuk eksternal merupakan peran Pushansiber. Pusdatin mengelola konten internal sedangkan Pushansiber menjaga dari luar.

Paparan dari berbagai narasumber diharapkan dapat menjadikan masukan yang baik dalam mengintegrasikan data. Arsitektur Grand Design merupakan tanggung jawab organisasi masing-masing. Apabila arsitektur telah dibangun disetiap UO. Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan, selanjutnya Pusdatin bertugas untuk mengintegrasikannya sehingga akan terwujudnya adanya Satu Data Pertahanan.

Demikan sambutan Kapusdatin Kemhan yang disampaikan oleh Kabid Banglola Sisfohan dalam acara Penutupan Rakor Penyusunan Grand Design TIK Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia