Upacara Bendera Minggu Ke 3 Bulan Januari Tahun 2020

Senin, 20 Januari 2020

Jakarta, 20 Januari 2020. Satker Kementerian Pertahanan yang berlokasi di Pondok Labu Jakarta Selatan yaitu Balitbang, Pusjemen, Pusbahasa, Puskod dan Pushansiber melaksanakan upacara bendera bulanan pada minggu ke 3 bulan Januari 2020. Pada upacara bendera tersebut Pusdatin Kemhan bertugas sebagai penyelenggara upacara. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kabid Infosan Pusdatin Kemhan Kolonel ARH Sutrisno, S.Kom dan sebagai Komandan Upacara Letkol INF Tito Bernadin.

Mengawali amanat Kapusdatin yang dibacakan oleh Irup menyampaikan bahwa, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh terhadap kehidupan manusia baik secara pribadi, organisasi, maupun negara. Bagi negara-negara maju, teknologi informasi dimanfaatkan untuk kepentingan masing-masing dengan mengangkat isu hak asasi manusia, radikalisme, terorisme, dan tantangan asimetris. Isu tersebut dapat beredar pesat melalui media online dan media sosial, sehingga informasi dengan sangat mudah diakses oleh seluruh masyarakat dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pusdatin Kemhan sebagai Center of Technology di bidang pertahanan, memiliki tanggung jawab yang besar terhadap penyajian data yang bersumber dari Sisfohanneg dan Big Data. Pusdatin juga memiliki tanggung jawab secara teknologi dalam rangka pelurusan opini di masyarakat melalui media sosial dan media online dalam bentuk counter opinion guna menjaga stabilitas informasi dalam bidang pertahanan negara.

Selain itu, Pusdatin Kemhan telah menyusun Grand Design Enterprise Architecture Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan untuk diintegrasikan menjadi Satu Data Pertahanan sehingga memudahkan pimpinan mengambil keputusan secara cepat, tepat, akurat dan aman. Dalam hal ini, Irup mengajak seluruh personil Kemhan dalam mendukung kebijakan pimpinan dengan mengalirkan data dari Satker dan Subsatker Kemhan menjadi centralized di Pusdatin Kemhan.

Diakhir amanatnya, Irup mengucapkan “Selamat Natal” bagi umat Kristiani dan “Selamat Tahun Baru 2020” bagi seluruh personil Kemhan serta mengajak kita semua untuk memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, semoga senantiasa melimpahkan bimbingan, petunjuk dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada keluarga, masyarakat, dan negara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia