Sosialisasi ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) TA. 2022

Thursday, 14 April 2022

Jakarta, 14 April 2022. Pusdatin Kemhan menyelenggarakan Sosialisasi ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) TA. 2022 pada tanggal 11-14 April 2022 di Aula Lt. 3 Gedung Untung Surapati Pusdatin Kemhan. Dalam rangka pencegahan Covid-19, acara dibagi menjadi dua sesi dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Adapun peserta pada acara ini adalah para pejabat Eselon III dan IV serta para anggota Pusdatin Kemhan. Adapun sosialisasi SMKI di pusdatin dilaksanakan sebagai salah satu program kerja Bidang Pamsisinfosan.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kabid Pamsisinfosan Pusdatin Kemhan Kolonel Chb Damian Adhi Susastyo, S.H. mewakili Kapusdatin Kemhan. Dalam amanatnya, Kapusdatin berpesan bahwa penerapan SMKI ini dibutuhkan keterlibatan dan kepedulian semua pihak mulai dari pimpinan sampai dengan staf level terendah. Oleh karenanya sosialisasi ISO 270001:2013 ini sangat penting dalam menumbuhkan kepedulian dan meningkatkan pemahaman tentang keamanan informasi. Diharapkan dengan penerapan SMKI dapat mewujudkan keamanan informasi yang komprehensif dengan standarisasi Nasional maupun International serta meningkatkan nilai SPBE Kemhan.

Awareness atau kepedulian dari seluruh bidang atau bagian dan personel merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan tugas pada sebuah organisasi. Pusdatin sebagai organisasi yang menangani IT di lingkungan Kemhan memerlukan suatu standar keamanan informasi yang maksimal. Maka peranan SMKI dibutuhkan agar mindset serta awareness setiap personel akan tercipta dan menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan berorganisasi. Setelah kepedulian dan kebiasaan terbentuk, maka akan ditingkatkan dengan pemahaman security awereness. 

Kebijakan Penerapan SMKI akan memberikan beberapa manfaat secara nyata sebagai berikut:

  1. Meningkatkan nilai SPBE menuju 3 – 3,5.
  2. Membantu Pusdatin dalam upayanya menyesuaikan standar keamanan informasi dengan suatu standar yang sudah teruji dan menjadi good practice dalam keamanan teknologi informasi.
  3. Memberikan citra yang positif terhadap Pusdatin khususnya dari sisi nilai dan persepsi oleh pihak lain.
  4. Memastikan bahwa organisasi memiliki kontrol keamanan informasi terhadap lingkungan proses bisnisnya yang berpotensi menimbulkan risiko atau gangguan keamanan.
  5. Meningkatkan kepercayaan pengguna layanan jasa, stakeholder secara keseluruhan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pusdatin.
  6. Membantu Pusdatin dalam menjalankan kebijakan perbaikan terus-menerus dalam pengelolaan keamanan informasi.
  7. Membuat proses pelaksanaan keamanan informasi menjadi lebih sistematis.
  8. Minimalisasi risiko melalui proses risk assessment yang profesional, terstandar, dan komprehensif dalam kerangka manajemen risiko.
  9. Meningkatkan efektivitas dan kehandalan dalam pengamanan informasi.
  10. Menerapkan standar keamanan informasi yang diakui di seluruh dunia.
  11. Kepatuhan terhadap regulasi khususnya dalam keamanan informasi.

Demikian acara sosialisasi ISO 27001:2013 SMKI ini dilaksanakan. Diharapkan dengan acara ini, seluruh personel sadar akan pentingnya kepedulian keamanan serta selalu waspada akan ancaman atau potensi ancaman yang akan terjadi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia