Upacara Bendera Minggu Ke-1 Bulan Juli Tahun 2022

Monday, 4 July 2022

Jakarta, 4 Juli 2022. Satker Kementerian Pertahanan yang berlokasi di Pondok Labu Jakarta Selatan yaitu Balitbang, Pusjemen, Pusbahasa, Puskod dan Pushansiber melaksanakan upacara mingguan pada tanggal 4 Juli 2022. Pada upacara mingguan tersebut Pusdatin Kemhan bertugas sebagai penyelenggara upacara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapusdatin Kemhan Brigadir Jendral TNI Rionardo diwakili oleh Kepala Bagian TU Pusdatin Kemhan Kolonel Laut (KH) Isam Adi, S.Sos., M.M. dan sebagai Komandan Upacara Letkol Chb Budi Kawoso. Mengawali amanatnya, Irup menyampaikan upacara bendera mingguan bertujuan untuk memupuk kedisiplinan dan cinta tanah air juga sebagai sarana silahturahmi antar personel Satker Kementerian Pertahanan di lingkungan Pondok Labu dan sebagai media berbagi informasi.

Pusdatin Kemhan sebagai leading sector bidang teknologi informasi dalam mendukung tugas pokok Kementerian Pertahanan, tidak pernah berhenti untuk terus mengembangkan dan melakukan inovasi dalam rangka menjawab perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat, sehingga Pusdatin Kemhan mampu menyajikan data secara cepat, tepat dan akurat guna mendukung pimpinan dalam mengambil keputusan. Selaras dengan itu, pemerintah sedang terus berupaya untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Adapun tujuan SPBE tersebut adalah:

  1. Mewujudkan tata Kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel,
  2. Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, dan
  3. Mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu.

Pusdatin Kemhan terus berusaha untuk meningkatkan nilai SPBE Kemhan dengan membangun beberapa aplikasi yang menunjang kematangan layanan SPBE Kemhan diantaranya adalah Sistem Informasi Pengetahuan Pertahanan (SIPHAN) dan sistem pengamanan markas. SIPHAN ini adalah sistem yang bertujuan untuk menyajikan informasi pengetahuan pertahanan negara yang meliputi pengetahuan tentang strategi pertahanan, perencanaan pertahanan dan lain-lain. Sedangkan, sistem pengamanan markas menggunakan sistem data yang terintegrasi sehingga petugas jaga dapat melakukan monitoring melalui sistem dan mendeteksi siapa saja yang akan masuk melalui pintu gerbang Pusdatin Kemhan. Hal ini bertujuan untuk mempersempit ruang gerak bagi pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk masuk ke dalam area komplek Pusdatin Kemhan.

Diakhir amanatnya, Irup mengingatkan saat ini kita memasuki awal semester II tahun 2022, untuk itu kita perlu semaksimal mungkin menyiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam program kerja Kemhan Tahun Anggaran 2022, agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan, sehingga daya serap anggaran dapat terlaksana secara maksimal sesuai dengan perencanaan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia