Kunjungan Kapusdatin Kemhan Ke Pusinfolahta Mabes TNI dan Angkatan

Monday, 25 July 2022

Jakarta, 25 Juli 2022. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan (Kapusdatin Kemhan) didampingi oleh Para Pejabat Eselon III melakukan kunjungan ke Pusat Informasi Pengolah Data (Pusinfolahta) Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Tujuan dari kunjungan ini adalah bersilahturahmi dan sekaligus untuk melihat secara riil tentang hal-hal yang menjadi pendorong dan apa yang menjadi hambatan dalam merealisasikan sinergitas di lingkungan Kemhan dan TNI.

Dalam kunjungannya, Kapusdatin menjelaskan bahwa dinamika lingkungan strategis bergerak sangat kompleks yang memunculkan ancaman baik militer, non militer hingga hibrida. Terjadinya perang yang didominasi oleh kekuatan teknologi informasi dan komunikasi dengan konsep network centric warfare (NCW) dan kemampuan peperangan siber (cyber warfare) pada platform persenjataan. Terkait hal itu, dibutuhkan informasi yang akurat dan adanya komunikasi serta saling bersinergi sehingga pimpinan akan memperoleh informasi yang akurat dan aman sebagai dasar membuat keputusan.

 

 

Selanjutnya, Kapusdatin membahas Satu Data Pertahanan (SDP) yang merupakan suatu wadah yang memuat segala jenis data dan informasi yang bersumber dari Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan. Diharapkan Satu Data Pertahanan (SDP) ini dapat digunakan dalam mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan pembuatan keputusan bagi pimpinan.

Di akhir kunjungannya, Kapusdatin berharap agar SDP dapat terwujud maka aliran data yang bersumber dari Kemhan dan TNI secara berjenjang dapat mengalir dan terintegrasi dengan baik.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia