Olahraga Bersama dan Brainstorming Menuju Satu Data Pertahanan

Friday, 5 August 2022

Jakarta, 5 Agustus 2022. Dalam mewujudkan Satu Data Pertahanan serta mempererat tali silahturahmi antara Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan, Pusdatin Kemhan menyelenggarakan acara Olahraga Bersama dan Brainstorming Menuju Satu Data Pertahanan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022 di Pusdatin Kemhan. Acara ini dihadiri oleh Kapusdatin Kemhan, Kapusdalops Mabes TNI, Kapuslapbinkuhan Kemhan, Kapusrehab Kemhan diwakili oleh Kabag TU Pusrehab Kemhan, para pejabat Eselon III di lingkungan Kemhan, serta para pejabat Eselon IV dan seluruh personil Pusdatin Kemhan. Acara ini diawali dengan kegiatan olahraga bersama dan penyerahan penghargaan bagi para atlit Pusat Gabungan (Pusgab) yang telah mendapatkan juara pada POR Kemhan 2022.

Kemudian acara dilanjutkan dengan brainstorming atau diskusi dengan tema “Mewujudkan Satu Data Pertahanan”. Dalam amanatnya, Kapusdatin Kemhan menyampaikan beberapa hal yaitu canggihnya infrastruktur di Pusdatin Kemhan dan Angkatan tetapi masih belum terintegrasi, maka perlu dicari permasalahan dan solusinya bersama; Adanya resistensi satuan di bawah UO Kemhan dalam memberikan/mengalirkan data; serta perlu diadakan FGD secara berkala untuk membahas Satu Data Pertahanan yang dapat diagendakan setiap Triwulan.

 

 

Poin penting yang disimpulkan dalam brainstorming adalah sebagai berikut:

  1. Telah dilaksanakan rapat dewan pengawas di bulan Juni lalu dengan para Menteri yang membahas mengenai SPBE dan SDI yang merupakan satu kesatuan dimana SPBE diperlukan sebagai panduan untuk melaksanakan satu data.
  2. Untuk menjaga konsistensi dalam Perpres SDI bahwa walidata itu hanya satu yaitu Pusdatin Kemhan dan produsen datanya berada di setiap Satker. Produsen data diatur dalam Peraturan Panglima, dengan harapan interoperabilitas datanya akan melalui Pusdatin Kemhan.
  3. Pembahasan tentang SDP dilakukan dalam Forum SDP yang akan dipimpin oleh Menteri atau Sekjen.

Demikian acara olahraga Bersama dan brainstorming Satu Data Pertahanan. Semoga dengan acara ini sinergitas Kemhan dan TNI terus berlangsung sehingga Satu Data Pertahanan dapat dijadikan prioritas program di Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia