Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pusdatin Kemhan dan BSrE-BSSN

Thursday, 9 February 2023

Jakarta, 9 Februari 2023. Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan (Pusdatin Kemhan) melakukan kerja sama terkait dengan tanda tangan digital dengan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSrE BSSN). Acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini diselenggarakan pada hari Kamis, 9 Januari 2023 di Aula Lt. 3 Gedung Untung Surapati Pusdatin Kemhan. Acara ini dihadiri oleh Kapusdatin Kemhan Brigjen TNI Rionardo, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN Bapak Sigit Kurniawan, S.ST., M.AP. , Kepala BSrE BSSN Bapak Jonathan Gerhard Tarigan, serta sejumlah pejabat Eselon III dan IV Pusdatin Kemhan.

Dalam amanatnya, Kapusdatin Kemhan menyampaikan bahwa penandatanganan PKS ini bertujuan untuk memudahkan penerbitan sertifikat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum dalam transaksi elektronik. Hal ini selaras dengan menjalankan amanat Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang SPBE dan Persekjen Kemhan No. 3 Tahun 2019 tentang Tata Kelola Kelembagaan SPBE di Lingkungan Kementerian Pertahanan. TTE sangat diperlukan dalam meningkatkan produktifitas pekerjaan dengan menjamin keamanan dan kelegalan dokumen. TTE ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun secara mudah melalui perangkat mobile atau web.

Dengan dilaksanakannya penandatanganan PKS ini, diharapkan TTE dapat segera diimplementasikan pada aplikasi yang dikelola oleh Pusdatin Kemhan khususnya kegiatan persuratan yang dilakukan secara digital.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia