Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023

Thursday, 5 October 2023

Jakarta, 5 Oktober 2023. Dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI Tahun 2023, Satker Kementerian Pertahanan yang berlokasi di lingkungan Pondok Labu, Jakarta Selatan yaitu, Balitbang, Pusdatin, Pusjemen, Pusbahasa, Puskod dan Pushansiber melaksanakan upacara di Lapangan Balitbang Kemhan. Pada upacara ini Pusdatin Kemhan bertugas menjadi penyelenggara upacara. Kapusdatin Kemhan Brigjen TNI Rionardo selaku Inspektur Upacara dan Letkol Lek Budi Riswantyo, S.S.T., M.I.Pol. sebagai Komandan Upacara.

Dalam amanat Menteri Pertahanan RI yang dibacakan Kapusdatin Kemhan, disampaikan bahwa HUT ke-78 TNI pada hakikatnya merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan dan mengevaluasi kembali peran, fungsi dan tugas utama TNI. Hal  ini  dimaksudkan   agar  TNI mampu memotivasi diri dan berupaya untuk terus meningkatkan  kualitas dan efektivitas dalam menjalankan tugasnya sebagai komponen utama dalam pertahanan negara. Hal tersebut telah menjadi tekad dan komitmen prajurit TNI untuk memberikan loyalitas,  kesetiaan dan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara, kapanpun, serta dalam keadaan  bagaimanapun.

Tema yang diusung dalam Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023 adalah “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Tema ini mencerminkan integritas TNI sebagai bagian integral dari masyarakat Indonesia yang bekerja untuk kepentingan bersama dan kemajuan bangsa. Netral adalah sikap mutlak bagi prajurit TNI. TNI dan PNS dituntut untuk bersikap tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada partai politik manapun beserta calonnya, tidak memberikan fasilitas tempat/sarana dan prasarana milik TNI sebagai sarana kampanye, keluarga Prajurit TNI yang memiliki hak pilih dilarang memberi arahan dalam menentukan hak pilih, tidak memberikan tanggapan, komentar dan mengupload apapun terhadap hasil quick count sementara, dan menindak tegas prajurit TNI dan PNS yang  terbukti terlibat politik praktis, memihak, dan memberi dukungan kepada partai politik manapun beserta calonnya.

Pada akhir amanat disampaikan bahwa Prajurit TNI adalah manusia luar biasa   karena bertugas menjaga kedaulatan, keutuhan dan melindungi segenap bangsa  Indonesia. Pertahankan sikap disiplin prajurit dan berikan segala yang dimiliki untuk bangsa, negara dan rakyat yang kita cintai.

Demikian amanat yang dibacakan oleh Irup dalam memperingati HUT ke-78 TNI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia