RAKOR KESEHATAN DITKES DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2018

Rabu, 14 Februari 2018

PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI KESEHATAN DITKES DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2018

Pada tanggal 12 Februari 2018, bertempat Gd A.H Nasution Lt 16, Ditkes Ditjen Kuathan Kemhan melaksanakan Rapat Koordinasi Kesehatan (Rakorkes) TA. 2018, dengan Tema “MEMPERKUAT SINERGITAS KESEHATAN NASIONAL MELALUI PENINGKATAN PROFESIONALISME SUMBER DAYA KESEHATAN KEMHAN DAN TNI GUNA MENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA”. Rakorkes Ditjen Kuathan Kemhan di buka Oleh Dirjen Kuathan Kemhan Mayjen TNI Bambang Hartawan, M.Sc., Peserta Rakorkes terdiri dari Kepuskes TNI, Kapuskesad, Kadiskesal, Kadiskesau, Pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI serta Kemkes. Dirjen Kuathan Kemhan Menyampaikan Selamat datang dan Terimah Kasih kepada seluruh peserta Rakorkes Ditjen Kuathan Kemhan. Dirjen Kuathan Kemhan menyampaikan bahwa salah satu bentuk kerjasama dalam bidang kesehatan nasional saat ini adalah Jaminan Kesehatan Nasional untuk meningkatkan kesejahteraan Prajurit, PNS dan keluarganya dengan harapan dapat terpenuhinya kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik. Untuk itu perlu sinkronisasi kebijakan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan yang berpedoman pada BPJS kesehatan dalam pelaksanaan di. lapangan, dengan mengakomodir kekhasan pelayanan kesehatan Kemhan dan TNI. Disamping itu pengelolaan manajemen keuangan rumah sakit yang lebih fleksibel,sangat membantu dalam menunjang peningkatan kinerja rumah sakit. Pada konsep pengelolaan keuangan dengan sistem Badan Layanan Umum (BLU) menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan di rumah sakit Kemhan dan TNI serta rumah sakit yang telah memenuhi persyaratan substantif, teknis dan administratif. Dirjen Kuathan Kemhan Mayjen TNI Bambang Hartawan, M.Sc mengharapkan untuk terus meningkatkan kualitas keilmuanya khususnya pada bidang pendidikan dan pengembangan tenaga kesehatan di lingkungan Kemhan dan TNI, sehingga dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada prajurit, PNS dan keluarganya dalam kegiatan operasional juga akan lebih berkualitas.

Dalam Akhir Sambutannya Dirjen Kuathan Kemhan menyampaikan beberapa atensi sebagai berikut :

  1. Tingkatkan koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait di bidang kesehatan, secara lintas program dan lintas sektor, untuk memperkuat sistem kesehatan nasional dalam rangka mendukung pertahanan negara .

  2. Perkuat koordinasi dan sinergitas dalam mencari solusi penyelesaian permasalahan kesehatan di lingkungan   kesehatan Kemhan dan TNI sesuai dengan tugas dan fungsi serta tataran kewenangan masing masing.

  3. Dalam pelaksanaan kebijakan di bidang pelayanan kesehatan, agar terus menjalin komunikasi, dan koordinasi dengan BPJS kesehatan dan kementerian kesehatan, sehingga kekhasaan pelayanan kesehatan di lingkungan Kemhan dan TNI dapat diterima oleh BPJS kesehatan serta menjadi kebijakan yang diakomodir oleh Kementerian Kesehatan.
  4. Kembangkan dan tingkatkan kemampuan pengelolaan data dan informasi geomedik yang dapat dijadikan informasi di bidang intelijen medis, untuk memperkuat sistem kesehatan pertahanan negara dalam mendukung pertahanan negara.



Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia