Focus Group Discussion (FGD) Penelitian Kesehatan di Lingkungan Kemhan dan TNI

Selasa, 27 November 2018

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

PENELITIAN KESEHATAN DI LINGKUNGAN KEMHAN DAN TNI

TANGGAL 26 NOVEMBER 2018

          Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini tidak terlepas dari aktivitas dunia penelitian. Demikian juga pada perkembangan kemajuan dalam bidang kesehatan sangat dipengaruhi oleh aktivitas atau keberhasilan penelitian kesehatan.

             Penelitian adalah penyelidikan sistematis dengan menggunakan metode untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan suatu masalah, yang bertujuan untuk mengembangkan dan menemukan kembali serta memperluas ilmu pengetahuan.

           Kesehatan Kemhan dan TNI memiliki tupoksi sebagai pelayanan kesehatan dan memberikan dukungan kesehatan. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan yang modern diperlukan kemampuan sumber daya kesehatan yang unggul untuk kemajuan organisasi Kemhan dan TNI, dalam menghadapi ancaman bidang kesehatan saat ini dan masa depan.

            Bidang kesehatan merupakan salah satu pintu masuk ancaman yang dapat digunakan dalam melemahkan pertahanan negara melalui faktor perorangan, maupun kelompok suatu negara. Untuk itu dalam mencegah ancaman di bidang kesehatan, diperlukan peningkatan kemampuan yang salah satunya adalah dalam bidang penelitian dan pengembangan (litbang) sumber daya kesehatan kemhan dan tni.

          Penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan di lingkungan Kemhan dan TNI saat ini masih belum sesuai harapan, bila dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis, dimana dapat dijadikan sebagai alat infiltrasi untuk kegiatan-kegiatan intelijen. Program Focus Group Discussion bidang penelitian dan pengembangan kesehatan ini merupakan salah satu langkah awal untuk meningkatkan kemampuan penelitian dan pengembangan kesehatan Kemhan dan TNI.

            Focus Group Discussion ini merupakan pemetaan kemampuan penelitian dan pengembangan kesehatan di lingkungan kemhan dan tni. Untuk itu saya mengundang para narasumber agar menambah wawasan dan kesamaan cara pandang bagi peserta Focus Group Discussion yaitu:

Pertama : Melandasi pemikiran yang objektif dan komprehensif dalam perumusan kebijakan tentang penelitian dan pengembangan kesehatan di indonesia.

Kedua : Kemungkinan kolaborasi dan kerjasama penelitian kesehatan Kemenkes, Lipi dan Kesehatan Kemhan dan TNI.

Ketiga : Konsep pembentukan lembaga penilitian kesehatan Kemhan dan TNI.

         Diharapkan menyatunya peneliti Kemenkes, Lipi, Kemhan dan TNI tersebut, dapat tercapai peningkatan derajat kesehatan prajurit, yang dapat menangkal/ mencegah ancaman maupun aksi bioterorisme, terutama untuk menjaga kedaulatan negara kesatuan republik indonesia, serta melindungi segenap bangsa dan negara dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia