ACARA RAKORNIS BIDANG MATERIIL DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2019

Senin, 11 Februari 2019

ACARA RAKORNIS BIDANG MATERIIL DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2019

tanggal 11 februari 2019

Rakornis Bidang Materiil dilaksanakan di gedung D.I Panjaitan ruang Sapta Prasetya Korpri lantai VIII. Rakornis Bidang Materiil dibuka Dirjen Kekuatan Pertahanan Mayjen TNI Bambang Hartawan,M.Sc dihadiri Personil Kemhan dan seluruh U.o Angkatan.

Rakornis Bidang Materiil merupakan tindak lanjut dari Rakor Ditjen Kuathan Kemhan TA. 2019, dan diselenggarakan dalam rangka menyamakan persepsi, pola pikir, dan pola tindak seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mengidentifikasi berbagai permasalahan di bidang materiil di lingkungan Kemhan dan TNI. Tema yang diangkat dalam Rakornis kali ini adalah:

Sinergitas Penyelenggara Fungsi Pembinaan Materiil Bidang Renbut dan Standardisasi yag Tertib dan Akuntabel dalam rangka menjamin Kekuatan Pertahanan Negara yang tangguh”,

Tema tersebut sangat relevan dihadapkan dengan salah satu program prioritas nasional yang diemban oleh Kemhan yaitu Penguatan Pertahanan. selanjutnya Kementerian Pertahanan menjabarkanya dalam 4 kegiatan prioritas, yaitu:

Pertama, Peningkatan profesionalisme, dan kesejahteraan prajurit;

Kedua, Pemenuhan MEF;

Ketiga, Penguatan Industri Pertahanan; dan

Keempat, Pertahanan wilayah perbatasan.

terkait dengan kegiatan prioritas kedua yaitu pemenuhan MEF, Ditjen Kuathan di bawah koordinasi Direktorat Materiil telah melaksanakan update data pencapaian MEF secara fisik dan shopping list TNI dalam rangka pemutakhiran MEF tahap III tahun 2020-2024.

Keberhasilan memenuhi kebutuhan Alpahankam diawali dengan perencanaan yang baik dan terintegrasi, dilanjutkan dengan penyelenggaraan melalui skema pengadaan yang komprehensif sesuai skala prioritas dengan memperhatikan ketersediaan anggaran, dengan tidak melupakan fungsi pengawasan dan pengendalian yang diselenggarakan secara internal dan eksternal oleh seluruh pemangku kepentingan.

Tugas ini memerlukan dukungan dan membutuhkan koordinasi serta sinergitas dari semua stakeholder yang terkait di lingkungan Kementerian Pertahanan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan. oleh karenanya saya mengajak seluruh unit organisasi untuk bersama-sama mewujudkan program prioritas nasional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Dengan terlaksananya Rakornis ini, semua pihak yang terkait dengan program kerja bidang materiil dapat lebih meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan bersinergi dalam keterkaitan tugas yang akan dihadapi guna mewujudkan sasaran yang hendak dicapai pada tahun 2019. oleh karenanya, materi dan hasil diskusi dalam rakornis hari ini dapat menjadi masukan dan tambahan wawasan bagi kita semua dalam pelaksanaan kegiatan di satuan masing-masing.

beberapa penekanan yang perlu disampaikan dalam Rakornis ini adalah sebagai berikut:

pertama tingkatkan koordinasi, komunikasi, dan interaksi serta sinergitas tugas-tugas yang akan dilaksanakan saat ini maupun pada masa yang akan datang.

kedua upayakan agar sasaran kebijakan dalam mendukung pembinaan materiil di lingkungan kemhan dan tni dapat dilakasanakan secara optimal.

ketiga saran, masukan serta pemikiran yang dihasilkan pada kegiatan rakornis ini, khususnya dalam hal penyelenggaraan tugas dan fungsi pembinaan materiil agar segera ditindaklanjuti.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia