RGB SEMINAR PEMELIHARAAN ALUTSISTA TNI DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2020

Selasa, 4 Agustus 2020

DIREKTORAT JENDERAL KEKUATAN PERTAHANAN

DIREKTORAT MATERIIL

RENCANA GARIS BESAR

SEMINAR PEMELIHARAAN ALUTSISTA TNI

DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2020

A. PENDAHULUAN

1. Umum

a. Ditjen Kuathan Kemhan mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kekuatan pertahanan. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Ditjen Kuathan Kemhan menyelenggarakan salah satu fungsi yaitu perumusan kebijakan di bidang materiil kekuatan pertahanan. Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan sebagai unsur pelaksana tugas dan fungsi Ditjen Kuathan Kemhan mempunyai tugas melaksanakan perumusan kebijakan, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang materiil, salah satunya meliputi tata kelola di bidang pembinaan materiil komponen utama pertahanan.

b. Salah satu perumusan kebijakan di bidang tata kelola komponen utama pertahanan yaitu perumusan kebijakan fungsi pemeliharaan komponen utama pertahanan berupa penyusunan Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) tentang Penyelenggaraan Pemeliharaan Alutsista TNI pada TA. 2021. Sebelum penyusunan Permenhan tersebut, perlu dilaksanakan Seminar Pemeliharaan Alutsista TNI untuk mendapatkan solusi dan ide penyelesaian masalah atas hasil Monitoring Standardisasi Pemeliharaan Alutsista TNI yang telah dilaksanakan pada TW I TA. 2020 sebagai dasar penyusunan Permenhan.

c. Seminar Pemeliharaan Alutsista TNI rencana akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 12 Agustus 2020 di Gedung DI. Panjaitan lantai 8 dengan tema “Pemeliharaan Alutsista TNI yang Optimal dalam Rangka Meningkatkan Kesiapan Operasional TNI dan Mewujudkan Zero Accident”. Dasar pelaksanaan seminar yaitu Keputusan Dirjen Kuathan Kemhan Nomor: KEP/01/I/2020 tanggal 2 Januari 2020 tentang Program Kerja dan Anggaran Ditjen Kuathan Kemhan TA. 2020. Seminar akan dihadiri oleh 100 orang peserta dari Kemhan, Kemenristek Dikti, Lemhanas, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, KKIP, Industri Pertahanan, Unhan dan perwakilan Perguruan Tinggi. Narasumber seminar sebanyak 4 orang yaitu Sesdislitbangad, Paban III/Aero Slogau, Direktur PT. Infoglobal Teknologi Semesta dan Wakil Ketua Program Studi International Business Management Universitas Ciputra Surabaya.

2. Maksud dan Tujuan

a. Maksud. Memberikan gambaran secara umum tentang Rencana Garis Besar Seminar Pemeliharaan Alutsista TNI TA. 2020.

b. Tujuan. Agar penyelenggaraan Seminar Pemeliharaan Alutsista TNI TA. 2020 dapat terlaksana dengan lancar, aman, akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan.

3. Ruang Lingkup. Ruang lingkup Rencana Garis Besar Seminar Pemeliharaan Alutsista TNI TA. 2020 ini dibatasi pada bidang pemeliharaan Alutsista TNI dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional TNI dan mewujudkan zero accident,




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia