KEGIATAN MATRIKULASI BAGI PESERTA TUGAS BELAJAR PROGRAM BEASISWA KEMHAN PENDIDIKAN S-2 DAN S-3 TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Selasa, 25 Agustus 2020

KEMENTERIAN PERTAHANAN RI

DIREKTORAT JENDERAL KEKUATAN PERTAHANAN

 

KEGIATAN MATRIKULASI BAGI PESERTA TUGAS BELAJAR

PROGRAM BEASISWA KEMHAN PENDIDIKAN S-2 DAN S-3

TAHUN AKADEMIK 2020/2021

TANGGAL 25 AGUSTUS 2020

Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) melaksanakan Kegiatan Matrikulasi bagi peserta tugas belajar Program Beasiswa Kemhan Pendidikan S-2 dan S-3 Tahun Akademik 2020/2021 di Rupat lantai VIII Gedung D.I Panjaitan, matrikulasi saat ini menjadi mahasiswa, baik S-2 maupun S-3 di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga serta Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2020/2021. Kegiatan Matrikulasi disamping sebagai ajang silahturahmi juga mempunyai maksud dan tujuan.

Pertama dari aspek akademis, yaitu sebagai salah satu upaya untuk membekali peserta tugas belajar Kementerian Pertahanan dengan menambah wawasan kebangsaan, ketahanan nasional, dan kebijakan strategis nasional dan perkembangannya.

Kedua dari aspek perilaku, mampu mengenali dan mengidentifikasi, potensi ancaman khususnya ancaman nyata seperti ancaman perang mindset yang sulit diantisipasi, sulit diprediksi dan penuh ketidakpastian, karena sifatnya non konvensional, tidak mengenal front serta mempunyai dimensi dan sasaran yang sangat luas.

Dari dua hal di atas, para peserta Matrikulasi nantinya mempunyai kompetensi sesuai disiplin ilmu dan menjadi kader intelektual bela negara, juga dapat berkontribusi nyata untuk mendeteksi, mencegah dan mengurangi potensi ancaman.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia