FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TENTANG SISTEM INFORMASI KESIAPAN TEMPUR ALAT PERALATAN PERTAHANAN KEAMANAN TNI TANGGAL 30 SEPTEMBER s.d 1 OKTOBER 2020

Rabu, 30 September 2020

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

TENTANG

SISTEM INFORMASI KESIAPAN TEMPUR

ALAT PERALATAN PERTAHANAN KEAMANAN TNI

TANGGAL 30 SEPTEMBER s.d 1 OKTOBER 2020

Focus Group Discussion atau FGD dengan tema Membangun dan Mengembangkan Ekosistem Sistem Informasi Kesiapan Tempur Alpalhankam TNI Sebagai Pendukung Proses Pengambilan Keputusan Pimpinan di Bidang Pertahanan Negara”.

FGD ini digelar berawal dari adanya tuntutan untuk mendukung kebutuhan pimpinan Kementerian Pertahanan guna mendapatkan data dan informasi strategis secara cepat, tepat, dan real-time pada saat diperlukan atau on-time, terkait kesiapan tempur alat peralatan pertahanan dan keamanan atau Alpalhankam TNI, dalam rangka perencanaan kebutuhan serta dukungan terhadap kesiapan tempur TNI, utamanya dalam menyikapi dinamika perkembangan lingkungan Strategis di Kawasan.

Sistem informasi yang telah dibangun dan dikembangkan oleh Kementerian Pertahanan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan yang selama ini, masih terdapat kendala dalam hal mengintegrasikan sistem berbasis teknologi dan informasi tersebut, yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor keterbatasan regulasi pendukung, faktor Sumber Daya Manusia, faktor infrastruktur pendukung, faktor keragaman platform dan sistem informasi, serta aspek perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat.

Dengan adanya kendala tersebut, tentunya telah mengakibatkan belum dapatnya disajikan satu data dan informasi pertahanan negara untuk mendukung proses pengambilan keputusan pimpinan di bidang pertahanan negara, khususnya dalam hal perencanaan kebutuhan kesiapan tempur Alpalhankam TNI.

Sesuai dengan arahan pimpinan Kementerian Pertahanan, pada kesempatan ini telah dihadirkan para pakar atau narasumber di bidang T I K, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan FGD ini dengan harapan, apa yang akan disampaikan nantinya dapat memberikan pencerahan dan masukan bagi ita semua dalam membangun dan mengembangkan sistem informasi kesiapan tempur Alpalhankam TNI yang sinergi dan terintegrasi.

Pada kesempatan ini pula, telah kami undang untuk menghadiri FGD ini dari lingkungan Kementerian Pertahanan khususnya Pusdatin Kemhan, Mabes TNI dan Angkatan, khususnya dari Pusinfolahta TNI dan Disinfolahta Angkatan, Pusdalops TNI dan Puskodal Angkatan, Staf Operasi Panglima TNI dan Staf Operasi Mabes Angkatan, Staf Logistik Panglima TNI dan Staf Logistik Mabes Angkatan serta berbagai pihak terkait lainnya.

Kiranya sudah banyak ilmu yang diserap dan bermanfaat khususnya di bidang T I K, yang telah diskusikan pada hari ini dengan dimulai dari pemahaman tentang bagaimana T I K hadir di tengah-tengah kita pada saat ini sejatinya merupakan bagian dari strategi militer untuk mengintegrasikan berbagai sensor data guna mendapatkan keunggulan informasi strategis yang berguna bagi sistem pertahanan negara yang telah disampaikan oleh Doktor Yono Reksoprodjo. Dilanjutkan dengan pembahasan tentang bagaimana T I K saat ini oleh Doktor Dhani Arifianto, khususnya yang terkait dengan Internet Of Things atau I O T , dapat menjadi sarana untuk mendukung data supply chain pembangun ekosistem sistem informasi pertahanan negara.

Menarik juga untuk dicermati apa yang disampaikan oleh bapak Noerman Taufik, tentang Sistem Jaringan Kompleks, dalam hal ini Private Cloud yang dapat menjadi bagian penting dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur jaringan informasi pertahanan negara. Demikian pula halnya, materi yang telah disampaikan oleh bapak Riyanto Gozali, tentang integrasi database dan platform menggunakan service-bus yang kiranya dapat bermanfaat untuk mengintegrasikan beragam database dan platform yang telah digunakan pada berbagai sistem informasi di lingkungan Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan.

Berbagai materi dan pembahasan pada forum FGD ini tentunya semakin lengkap dengan pemaparan dari Profesor Suhono Harso Supangkat, tentang kerangka atau framework proses transformasi digital serta tematik tentang infrastruktur jaringan T I K oleh bapak Rizal Akbar. Dimana materi-materi diskusi dan pembahasan tersebut, pada gilirannya diharapkan dapat digunakan dalam rangka membangun dan mengembangkan ekosistem, sistem informasi kesiapan tempur Alpalhankam TNI sebagai pendukung proses pengambilan keputusan pimpinan, di bidang pertahanan negara.

dengan harapan ilmu yang telah diterima dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan sebesar-besarnya bagi kepentingan pertahanan negara dalam upaya membangun ekosistem sistem informasi pertahanan negara yang kedepannya bisa lebih baik, dapat bersinergi, dan terintegrasi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia