RAKERNIS BIDANG MATERIIL DITMAT DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2021

Selasa, 9 Maret 2021

RAKERNIS BIDANG MATERIIL

DITMAT DITJEN KUATHAN KEMHAN TA. 2021

TANGGAL 9 MARET 2021

Dirjen Kuathan Kemhan Marsda TNI. N Ponang Djawoto membuka acara  Rakernis Bidang Materiil Ditmat Ditjen Kuathan Kemhan yang dilaksanaka di Gedung D.I Panjaitan lantai 8 Aula Panca Prasetya Korpri.

. Pelaksanaan Rakernis Bidang Materiil TA. 2021 merupakan tindak lanjut dari hasil Rakornis Ditjen Kuathan Kemhan TA. 2021, yang bertujuan untuk mensosialisasikan program-program Ditmat dan potensi permasalahan yang dihadapi sehingga dapat dikoordinasikan serta disinergikan dalam penyelesaiannya.

Mencermati Rakornis Ditjen Kuathan Kemhan TA. 2021 yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2021, maka Rakernis Bidang Materiil TA. 2021 mengangkat tema:

Optimalisasi pembinaan materiil guna mendukung kemandirian pertahanan dan keamanan yang kuat”

Di tengah permasalahan Pandemi Covid-19 yang kita hadapi saat ini dan perkembangan lingkungan strategis nasional yang sangat dinamis, tentu berdampak terhadap kekuatan pertahanan negara khususnya bidang materiil, yaitu dalam pemenuhan kebutuhan Alpalhankam TNI, sehingga diperlukan langkah-langkah antisipasi melalui penyesuaian kebijakan bidang materiil, yang diharapkan dapat mendukung situasi saat ini.

Pemenuhan kebutuhan Alpalhankam TNI diperlukan dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional Alutsista TNI, secara berkelanjutan melalui optimalisasi fungsi pembinaan materiil dalam upaya membangun kemandirian pertahanan negara yang kuat, serta mampu menangkal segala bentuk ancaman. Untuk itu diperlukan peran serta dan sinergitas, antara perumus dan pelaksana kebijakan serta unsur terkait lainnya, dalam pelaksanaan fungsi pembinaan materiil.

Keberhasilan pembinaan materiil ditentukan dari langkah awal proses perencanaan kebutuhan yang ditindaklanjuti dengan baik diantaranya melalui kegiatan penelitian dan pengembangan disertai dukungan pemeliharaan yang mampu meningkatkan kesiapan operasional Alutsista TNI. Oleh karena itu dalam Rakernis Bidang Materiil TA. 2021 akan disampaikan hal-hal terkait Perencanaan Kebutuhan Materiil, Penelitian dan Pengembangan Materiil dan Pemeliharaan Materiil.

Beberapa hal yang perlu di pedomani dalam pelaksanaan tugas selanjutnya.

Pertama, kepada seluruh U.O. Angkatan agar menyiapkan data dukung dalam rangka proses penyusunan Dokumen Perencanaan Kebutuhan Materiil guna realisasi Program Prioritas Pemenuhan Kebutuhan Materiil.

Kedua, Perencanaan kegiatan Penelitian dan Pengembangan Alpalhankam TNI agar berorientasi pada kebutuhan Satuan dan menghasilkan output Litbang sampai dengan First Article.

Ketiga, Optimalkan dukungan Pemeliharaan Materiil guna meningkatkan kesiapan operasional Alutsista TNI dalam mendukung kemandirian pertahanan yang kuat dan tangguh.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia