PEMBUKAAN FOCUS GROUP DISCUSSION TENTANG PENGENDALIAN BAHAN KIMIA DI LINGKUNGAN KEMHAN DAN TNI

Kamis, 31 Maret 2022

PEMBUKAAN FOCUS GROUP DISCUSSION TENTANG PENGENDALIAN BAHAN KIMIA

DI LINGKUNGAN KEMHAN DAN TNI

Pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Kuathan Kemhan Laksamana Muda TNI Dr. Bambang Irwanto, M.Tr (Han).,CHRMP, dalam amanat pembukaan Kegiatan Focus Group Discussion Pengendalian Bahan Kimia di Lingkungan Kemhan Dan TNI TA. 2022 yang Dilaksanakan pada Tanggal 31 Maret 2022. Dirjen Kuathan Kemhan juga menyampaikan Tujuan dari kegiatan pelaksanaan FGD ini yakni:

  1. Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan praktis dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bahan kimia berbahaya.

  2. Memahami regulasi terkait pengendalian bahan kimia.

  3. Menjelaskan jenis-jenis bahan kimia baik yang dapat digunakan untuk tujuan kemanusiaan atau bahan kimia yang dilarang digunakan.

  4. Memahami langkah-langkah praktis ketika terjadi kedaruratan akibat bahan kimia, seperti kecelakaan transportasi kendaraan pengangkut bahan kimia.

  5. Memahami medical aspect dan technical/engineering aspect dalam penanggulangan kedaruratan kimia.

  6. Memahami keterkaitan antar K/L dalam upaya penanggulangan bahaya yang terjadi karena bencana non alam yang disebabkan oleh bahan kimia.

Dirjen Kuathan Kemhan Laksamana Muda TNI Dr. Bambang Irwanto, M.Tr (Han).,CHRMP mengharapkan dengan dilaksanakannya FGD ini nantinya personel di lingkungan Kemhan dan TNI mempunyai kemampuan dalam upaya penanggulangan Bahan Kimia dan sebagai sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan di bidang kimia melalui proses transfer ilmu, diskusi dan pembelajaran dari institusi lain di lapangan. Serta kolaborasi berbagai stakeholder bila terjadi kecelakaan atau kejadian bencana yang melibatkan bahan kimia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia