Pemanfaatan Teknologi dan Digitalisasi pada Era Revolusi Industri

Selasa, 8 November 2022

Jakarta ( Selasa, 8 November 2022). Dinamika perkembangan hasil dari proses Revolusi Industri 4.0 (Revolusi Digital) di bidang teknologi tidak bisa dielakkan, termasuk dalam industri penerbangan, khususnya yang berhubungan dengan perkembangan teknologi elektronika penerbangan. Setidaknya terdapat lima teknologi yang menopang pembangunan Sistem Industri 4.0, diantaranya adalah Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), Human-Machine Interface, Teknologi Robotik/Otomasi dan Sensor ( Robotic/Automation and Censors ), serta teknologi 3D Printing. Hubungannya dengan perkembangan teknologi elektronika penerbangan saat ini, adalah trend yang dapat dicermati dari sisi dimensi peralatan yang lebih kecil, mudah dalam pemeliharaan, konsumsi energi yang lebih sedikit, mudah diintegrasikan antar sistem, serta lebih handal dan akurat.
Hasil pemanfaatan teknologi dan digitalisasi pada era revolusi industri 4.0 diantaranya dapat meningkatkan tingkat kesadaran informasi pengguna ruang udara terhadap kondisi meterologi, identifikasi pesawat terbang terdekat, serta informasi-informasi lainnya yang dapat membantu aktivitas Air Traffic Management dalam rangka meningkatkan keamanan lalu lintas udara, mendukung proses transisi Future Performance Based Navigation (FPBN), dan lain sebagainya.
Dimensi ilmu pengetahuan dan wawasan tentang perkembangan teknologi di atas menjadi penting dan perlu dipahami dalam membangun kekuatan pertahanan negara. Oleh karenanya, terdapat urgensi bagi Dirjen Kuathan Kemhan, Laksda TNI Dr. Bambang Irwanto, M.Tr (Han), CHRMP untuk turut berpartisipasi aktif pada acara Seminar Nasional: Tantangan TNI AU Dalam Perkembangan Teknologi Elektronika Penerbangan di Gedung Puri Ardhya Garini, Lanud Halim Perdana Kusuma,




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia