Wujud Komunikasi Puskod Dengan Industri Nasional di Wilayah Bandung

Selasa, 19 Juni 2012

Penyerahan-Pub-Katalog

Kunjungan kerja Kapuskod Baranahan Kemhan ke beberapa Industri Nasional di Wilayah Jawa Barat adalah merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan Asistensi Teknis Kodifikasi Materiil Sistem NSN.

        Dalam melaksanakan fungsinya Puskod Baranahan Kemhan memberikan pelayanan publikasi informasi katalogisasi kodifikasi materiil pertahanan dan pembinaan katalogisasi materiil dan industri pertahanan. Sesuai dengan Tugas dan Fungsi, pada tanggal 20 s.d 21 Juni 2012 Kapuskod Baranahan Kemhan Marsekal Pertama TNI Tanto Suryanto didampingi Kabid Duknis Puskod Kolonel Laut (T) Sumaryadi dan Kabid Opskod Puskod Kolonel Cba Gatot Murdiyantoro melakukan kunjungan kerja ke beberapa Industri Nasional di wilayah Bandung diantaranya ke PT. INTI, PT. CMI Teknologi, PT. Dirgantara Indonesia dan PT. Pindad.

Kunjungan kerja Kapuskod Baranahan Kemhan ke PT. Inti, PT. Dirgantara Indonesia, PT. CMI dan PT. PINDAD  merupakan wujud komunikasi, layanan kodifikasi dan kerjasama antara Puskod Baranahan Kemhan dengan Industri Nasional,  dengan tujuan dapat lebih saling mengenal dan memahami penerapan kodifikasi materiil sistem NSN serta pertimbangan dalam memutuskan suatu kebijakan.

Kegiatan yang  dilaksanakan Kapuskod di PT. INTI dan PT. CMI Teknologi adalah  memberikan penjelasan tentang prosedur mendaftarkan NCAGE kode Pabrik bagi industri yang dilengkapi dengan Data Perusahaan (Suplier Data) terdiri dari Status,  Tipe (Type), Nama Perusahaan (Company Name), Alamat Perusahaan (Company Address),  Nomor telepon, Faximili, Website (cukup jelas), Tanda tangan pemeriksa.   Memberikan penjelasan tentang prosedur mendaftarkan produk guna penetapan NSN 45 yang dilengkapi  data nomor referensi : Nomor kode Pabrik (NCAGE), Nama barang, RNVC (Reference Number Variation Code), RNCC (Reference Number Category Code), DAC (Document Availability Code), RNAAC (Reference Number Action Activity Code), RNSC (Reference Number Status Code), MOE Code (Major Organizational Entity Code).

PT. Dirgantara Indonesia dan PT. Pindad merupakan Bumnis yang sudah menerapkan Kodifikasi dengan Sistem NSN, kegiatan yang dilaksanakan Kapuskod di PT. Dirgantara Indonesia adalah  menyerahkan Buku Data Publikasi Katalog Roket Motor dan Warhead 2,75 inc hasil produk PT Dirgantara Indonesia di Tasikmalaya yang telah ditetapkan NSN nya oleh Puskod Baranahan Kemhan kepada Kepala Divisi Persenjataan.

Sedangkan kegiatan di PT. Pindad, Kapuskod disambut oleh Kepala Divisi Persenjataan PT. Pindad pada pertemuan tersebut berkoordinasi untuk menindaklanjuti program kerja penetapan NSN Senjata Serbu V-5 yang telah di Kodifikasi.

Dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja Kapuskod beserta Staf di PT. Pindad, Kepala Divisi Persenjatan menyerahkan Dumi Panser Anoa 6×6 kepada Kapuskod serta diberikan kesempatan menguji beberapa produk senjata unggulan dengan jarak 25 m untuk Laras Panjang dan 15 m untuk Pistol.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia