KURSUS INDOKTRINASI KATALOG IMPLEMENTASI KERJASAMA PUSKOD BARANAHAN KEMHAN DENGAN MAFCA MALAYSIA

Minggu, 1 Juli 2012

Malasya001_20131011062656

Kursus Indoktrinasi Katalog yang diikuti oleh kataloger NCB Indonesia di MAFCA Malaysia merupakan implementasi dari perjanjian kerjasama oleh kedua negara NCB khususnya kursus indoktrinasi katalog sistem NSN.

Puskod Baranahan Kemhan ditetapkan oleh NSPA (NATO Support Agency) sebagai NCB (National Codification Bureau) di Indonesia pada bulan Mei 2004 hal tersebut ditandai dengan dtarclalanganhya kerjasama Puskod dengan AC/135 (Allied Commitee/135) sebagai organisasi kodifikasi dunia. Dengan demikian Puskod Baranahan Kemhan diberikan kewenangan menggunakan sistem NCS (NATO Codification System) di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk keperluan logistik nasional. Dalam  melaksanakan fungsinya Puskod Baranahan Kemhan selaku NCB Indonesia menyelenggarakan kerjasama kodifikasi materiil pertahanan baik bilateral maupun multilateral.

MAFCA (Malaysian Armed Forces Cataloguing Authority) adalah sebagai Penguasa Katalog Angkatan Tentera Malaysia (ATM) dibentuk pada tanggal 7 April 1981 berdasarkan Perintah Majilis Angkatan Tentera (PMAT) Nomor 9 tahun 1982. Pada tanggal 23 Februari 1983, ATM mulai menggunakan NATO Codification System (NCS) dan menetapkan MAFCA sebagai Biro Kodifikasi Nasional untuk pertukaran data katalog dengan negara-negara penggunaan lain. Organisasi MAFCA berada langsung di bawah Ketua Setia Usaha Kementerian Pertahanan  Malaysia.

Kursus Indoktrinasi yang diikuti oleh anggota NCB Indonesia di MAFCA adalah merupakan implementasi dari perjanjian kerjasama oleh kedua negara NCB khususnya kursus indoktrinasi katalog sistem NSN. Kursus ini dilaksanakan selama 4 bulan yang diikuti NCB Malaysia, NCB Indonesia dan NCB Brunai Darusalam. Peserta dari NCB Indonesia atas nama PNS Pengatur I l/c Muhamad Nur dan PNS Pengda Tk I. Il/b Perta Elfrida. Kursus Indoktrinasi Sistem Katalog dibuka oleh Pengarah MAFCA Letenan Kolonel TUDM Muhammad Fisol Bin Hj Azis pada tanggal 12 Maret 2012. MAFCA (Malaysian Armed Forces Calaloguing Authority) sebagai NCB Malaysia dan pusat data manajemen logistik pemerintah dalam penerapan dan penggunaan kodifikasi sistem NSN bertanggung jawab dalam pengelolaan materiil bekal berdasarkan sistem NATO khususnya untuk kalangan pengguna materiil ATM (Angkatan Tentara Malaysia) dan Kementerian Pertahanan Malaysia. Hal seperti ini belum dipahami/diterapkan di lingkungan Kemhan dan TNI sehingga pembinaan perbekalan sistem NSN belum dapat dirasakan manfaat serta kemudahan dalam menunjang operasional pembinaan logistik untuk lebih cepat, tepat dan akurat.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Malaysian Armed Forces Cataloguing Authority (MAFCA) menggunakan sistem aplikasi yang sama dengan NCB Indonesia yaitu aplikasi kodifikasi NCORE-NG, dimana MAFCA Malaysia lebih dulu menggunakan aplikasi NCORE-NG. Dengan demikian peserta kursus dapat mempelajari dan mendalami hal-hal teknis proses aplikasi kodifikasi NCORE-NG yang dilaksanakan kataloger MAFCA.

Kegiatan kursus bertempat di Gedung MAFCA Kementerian Pertahanan 2 Blok B, Gnd Ftaor Bangunan ZETRO jalan 9/27 C Seksyen 5 Wangsa Maju 53300 Kuala Lumpur Malaysia dengan materi yang diberikan antara lain:

  1. Sejarah WTOCocfficatonSysbm.
  2. Pengenalan Barang dan Bagian Bantuan Tekhnisi.
  3. Alat katalog.
  4. Klausul kontrak Kodifikasi.
  5. Elemen-elemen NATO Codification System.
  6. Proses Kodifikasi.
  7. Jenisjenis pengenalan barang.
  8. Tata cara penggunaan Federal Item Identification Guide.
  9. Pengurusan Aset.

Pelaksanaan kursus di atas salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas personel kataloger NCB Indonesia setara dengan kulitas personel NCB negara-negara di dunia sehingga dapat membantu pengembangan NCB Indonesia dari status Tier-1 menjadi status Tier-2.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia