PERTEMUAN TAHUNAN PANEL A KE 131, AC 135

Sabtu, 10 Maret 2018

panel

NATO Codification system (NCS), merupakan bagian integral dari identifikasi sistem atau alur logistik yang komprehensif. Sistem ini menyiapkan informasi jutaan karakteristik barang yang akurat kepada seluruh pengguna/ Negara yang berpartisipasi atau masuk dalam kegiatan AC/135. AC/135 adalah wadah Negara-negara pengguna sistem kodifikasi NATO, yang disebut NCB (National Codification Bureau), bertindak sebagai forum kebijakan dan penentu arah perkembangan kodifikasi internasional kedepan, melalui forum-forum yang dilaksanakan seperti : Main Group, Panel A, BSC (Budget and Srategic planning committee) dan lain-lain.

Kegiatan Panel A bertanggung jawab untuk proses pelaksanaan kodifikasi, bentuk, metode kerja, dan merancang format data kodifikasi sehingga memudahkan proses kodifikasi dan pertukaran data otomatis melalui komunikasi TI (Teknologi Informasi) dengan mengacu referensi dari buku manual kodifikasi AcodP-1. Forum ini juga memiliki kelompok kecil lain yang memiliki fungsi untuk pengembangan MIS (Management Information System) yang memiliki produk aplikasi NABS (NATO Automated Bussiness System), NMBS (NATO Mail Box System) dan NMCRL (NATO Master Catalogue of Reference for Logistics).

NSPA
131st meeting 5-8 March 2018 in NSPA, Capellen, G.D. Luxembourg

Sebagai NCB (National Codification Bureau) Indonesia, Pusat Kodifikasi Baranahan Kemhan mengirimkan 2 (Dua) orang delegasi untuk menghadiri pertemuan Panel A ke 131 yang diselenggarakan pada tanggal 5 – 8 Maret 2018 di kantor pusat Capellen, G.D. Luxembourg.

Hadir pada kegiatan Panel A ini sebanyak 32 NCB Negara:

Dalam kegiatan Panel A ke 131 dilaksanakan pelatihan aplikasi yang dimiliki NSPA. yaitu Aplikasi NABS (NATO Automated Business System) berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi NCB dan NSPA, dan Aplikasi NMBS (NATO Mailbox System) yang berfungsi sebagai media transaksi pertukaran data kodifikasi antar NCB dan NSPA.

Agenda berikutnya mengikuti rapat koordinasi tekhnis membahas segala macam permasalahan kodifikasi yang terjadi diseluruh NCB, Perubahan isi dan aturan didalam AcodP-1, laporan NCB masing-masing, laporan Tim NSPA dan Laporan Tim NCSTSWG.

Adapun beberapa topik yang dibahas dalam pertemuan Panel A ke 131 kali ini adalah:

1. DATA INTEGRITY

2. PUBLICATIONS

3. INFORMATION SYSTEMS

4. SPONSORSHIP BASELOG

5. COMPLIANCE ACCEPTANCE TESTING

6. NCBs TECHNICAL REPORTS

Dengan mengikuti kegiatan Panel A manfaat yang dapat dipetik adalah sebagai bahan penyiapan oprasional puskod menuju peningkatan status sponsorship ke level tier 2, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dengan terus memperdalam ilmu kodifikasi atar Negara dan masukan berharga mengembangkan system aplikasi yang dimiliki Puskod Baranahan Kemhan. Pada pertemuan Panel A ke 131 kali ini berkoordinasi dengan NCB France, Australia dan New Zealand dan melalui mereka dapat disampaikan permasalahan yang terjadi di NCB Indonesia khususnya data teknis dan pertukaran transaksi dengan Negara-negara NATO dan Perusahaan-perusahaan didalamnya.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia