PERTEMUAN MAIN GROUP AC/135 KE-114 TANGGAL 20 S.D. 22 NOVEMBER 2018, PENANDATANGAN SERTIFIKAT TIER 2 NCB INDONESIA DAN TRAINING KODIFIKASI PARA DIREKTUR TANGGAL 23 NOVEMBER 2018 DI VAN GHENT KAZERNE ROTTERDAM, NETHERLANDS

Kamis, 24 Januari 2019

tier1Pertemuan Main Group AC/135 ke-114 yang diadakan di Van Ghent Kazerne, Rotterdam, Netherlands pada tanggal 20 s.d. 22 Mei 2018. Delegasi NCB Indonesia yang di wakili oleh Kolonel Laut (KH) Rafik Achmad K, S.Kom NRP 12548/P Kabid Dukniskod Puskod Baranahan Kemhan. Pertemuan Main Group ini diikuti oleh 70 orang perwakilan dari 43 negara yang menerapkan kodifikasi materiil sistem NSN termasuk 6 orang dari NSPA sebagai penyelenggara.

Puskod Baranahan Kemhan menyelenggarakan fungsi antara lain koordinasi penyelenggaraan kodifikasi materiil pertahanan baik bilateral maupun multilateral. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka koordinasi penyelenggaraan kodifikasi materiil pertahanan tersebut adalah keikutsertaan dalam pertemuan Main Group yang diselenggarakan oleh AC/135 bekerja sama dengan NSPA. Pertemuan Main Group AC/135 merupakan salah satu sarana pertemuan para direktur dari seluruh NCB negara anggota untuk membahas kebijakan-kebijakan strategis dan regulasi kodifikasi materiil sistem Nomor Sediaan Nasional (NSN). Hal ini dilaksanakatier2n sebagai bentuk komunikasi dan koordinasi antar para direktur NCB maupun dengan NSPA sehingga semua pihak mengacu pada aturan dan kebijakan yang telah disepakati bersama. Kegiatan Budgeting Strategic Planning Committee (BSC) yang hanya diikuti oleh Negara NATO dan perwakilan negara Tier 2 sponsorship guna koordinasi maupun komunikasi dalam hal perencanaan anggaran kegiatan kodifikasi materiil sistem NSN.

Pada Main Group yang menarik tahun ini adalah Puskod Baranahan Kemhan sebagai NCB Indonesia di deklarasikan dan ditandatangani Sertifikat NATO Codification System (NCS) menjadi Tier 2 Sponsored atas nama The Group Of National Drectors on Codification oleh Direktur AC/135, Maj. Thierry Vanden Dries merangkap Chairman Main Group AC/135 diberikan juga kepada 3 NCB Negara yaitu Ukraina, United Arab Emirated dan Indonesia.

Topik utama pada pertemuan kali ini adalah pembahasan teknis hasil keputusan pertemuan Main Group ke-114 dan Panel A ke-132, rencana penyelenggaraan NCB College di NSPA, dan rencana modernisasi format pertukaran data kodifikasi dengan melakukan peralihan dari NATO Mail Box System (NMBS) menjadi platform eXtensible Markup Language (XML) secara bertahap dengan dukungan terpusat oleh NSPA. Peyampaian informasi mengenai Functional Services for Logistics (LOGFS) untuk meningkatkan integrasi secara tier3keseluruhan melalui Interoperable dan solusi memanfaatkan teknologi baru dalam meningkatkan efektifitas life cycle logistik dan meminimalisir duplikasi.

P ada pertemuan Main Group AC/135 ke-114 di Van Ghent Kazerne, Rotterdam, Netherlands tanggal 23 November 2018 juga dilaksanakan training kodifikasi bagi para Direktur NCB, yang diikuti oleh 27 peserta dari 15 NCB Negara, Forum dan training kodifikasi internasional ini merupakan pertemuan untuk dapat mengetahui pengelolaan siklus logistik pertahanan secara efektif dan efisien dengan dukungan kodifikasi materiil sistem NSN oleh pembina NCB disetiap Negara. Serta rencana lima tahunan pengembangan Teknologi Informasi(TI) oleh NSPA, penganggaran, program-program kerja terkait NATO Codification System (NCS), kebijakan strategis, publikasi dan hal-hal lain terkait sponsorisasi NCB Negara.

Fokus Puskod Baranahan Kemhan selaku NCB Indonesia yang telah bersetatus Tier 2 adalah penguatan klausul kodifikasi pada kontrak pengadaan sehingga kontribusi Puskod dalam memberikan layanan data kodifikasi kepada stake holder lebih uptodate dan pada sisilain NCB Indonesia mengikuti perkembangan NCB lainnya untuk melakukan proyek perubahan pertukaran data NDER (XML) hingga tahun 2021.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia