PELAKSANAAN PERTEMUAN PACIFIC AREA CATALOGUING SEMINAR (PACS) TANGGAL 18 S.D. 20 FEBRUARI 2019 DI BENGALURU, INDIA

Kamis, 14 Maret 2019

Pacific Area Cataloguing Seminar (PACS) merupakan forum negara-negara Anggota Pacific Area Senior Officer Logistic Support (PASOLS) yang beranggotakan 21 negara termasuk Indonesia berkomitmen bekerjasama untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan NATO Codification System (NCS) guna tercapainya interoperabilitas logistik antar Negara-negara Asia Pasifik.

PACS tahunan kali ini yang ke 19 diselenggarakan pada tanggal 18 s.d. 20 Februari 2019 di Pertemuan Bengaluru, India bertempat di BEL Academi for Excellence (Nalanda), 560094, Sundara Nagar, Lottegollahalli, R.M.V. 2nd Stage, Bengaluru, Karnataka 560094, India. Kegiatan ini dihadiri oleh 37 orang, terdiri dari perwakilan NSPA, AC/135, Industri Nasional dan 9 negara termasuk Indonesia. NCB Indonesia mengirimkan 2 (dua) orang delegasi yaitu Kolonel Arm Mohammad Arifin dan Kolonel Tek Hendro Pariwanto.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan PACS ke 19 diawali dengan sambutan selamat datang dari MOD India selaku penyelenggara pada PACS ke 19 yang disampaikan oleh Brigadee Pradeep Arora selaku Director of India NCB, dilanjutkan dengan National progress report tiap NCB, kemudian Paparan dari beberapa delegasi yang diantaranya ten tang Codification Data Management, NMCRL/OMT Codification Opportunities to Industry, NATO Data Exchange Redesign (NDER), Australia Experience in Enhancing Quality of Codification Data, NATO Central Support Essential to Operation and Maintenance of NCS. Pertemuan PACS diakhiri dengan menghadiri opening ceremony Aero India 2019 di Air Force Station, Yelahanka, Bengaluru, Karnataka, India yang dibuka oleh Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman.

Dalam Pertemuan PACS kali ini disepakati untuk kegiatan PACS Forum ke 20 pada tahun 2020 akan dilaksanakan di Jakarta Indonesia. Namun waktu pelaksanaan dan lamanya kegiatan masih perlu didiskusikan lebih lanjut dengan pihak NSPA sambil menunggu hasil pertemuan AC135 tahun 2019 yang akan datang.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia