ASISTENSI TEKNIS DAN KOORDINASI DATA KODIFIKASI DI PT. BANDAR ABADI, BATAM KEPULAUAN RIAU.

Rabu, 13 November 2019

Batam Kepulauan Riau, Pusat Kodifikasi adalah salah satu unsur pelaksana tugas dan fungsi Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan bertugas melaksanakan pembinaan dan administrasi materiil pertahanan, pemberian bimbingan dan supervisi teknis di bidang kodifikasi materiil pertahanan. Dalam melaksanakan fungsinya Puskod Baranahan Kemhan menyelenggarakan Asistensi teknis dan koordinasi data kodifikasi baik di lingkungan TNI maupun Industri Nasional.

Asistensi teknis dan koordinasi data kodifikasi materiil sistem NSN adalah kegiatan Puskod Baranahan Kemhan dalam rangka menerapkan kodifikasi materiil sistem NSN baik di lingkungan TNI maupun Industri Nasional, dengan tujuan memberikan informasi tentang tatacara dan materiil data yang dapat di kodifikasi, mendapatkan data awal materiil serta informasi data yang jelas serta akurat tentang spesifikasi teknis materiil untuk proses kodifikasi.

Pada kesempatan ini kegiatan Asistensi Teknis dan Koordinasi Data Kodifikasi dilaksanakan di PT. Bandar Abadi Batam pada tanggal 25 s.d. 28 Juni 2019, bertempat di Ruang Rapat PT. Bandar Abadi Tanjung Uncang Batu Aji Batam Kepulauan Riau. Kegiatan ini merupakan wujud pelaksanaan pembinaan dan administrasi materiil pertahanan.

Tim Asistensi Teknis dan Koordinasi Data Kodifikasi Materiil Sistem NSN dipimpin oleh Kolonel Arm Mohamad Arifin selaku Kabid Dukniskod Puskod Baranahan Kemhan dan 4 (empat) orang personil Puskod diantaranya: Letkol Cpm (K) Rutinah, Penata Tk.I III/d Tomy Wardana, S.Kom., M.AP, Penata Tk.I III/d Teguh Mulyono, S.Pd, MM dan Penata III/c Yudha Dwi Pratidya, S.E. Kehadiran Tim Asistensi Teknis dan Koordinasi Data Kodifikasi Materiil Sistem NSN disambut baik oleh pihak Perusahaan PT. Bandar Abadi: diwakili oleh Masliana Simanjuntak (Direktur Umum), Andi Baso (Marketing Ekslusif), Suntoro, Kartono, Fery, La Ode Faisal, Herlin, Wati, Arif (Staff).

Dalam sambutannya Direktur Umum PT. Bandar Abadi oleh Ibu Masliana Simanjuntak mengucapkan selamat datang kepada Tim Asistensi dan Koordinasi dari Pusat Kodifikasi Baranahan Kemhan dan menyampaikan kesiapan dalam pembuatan kapal pesanan dari TNI AL, penayangan company profile perusahaan, serta paparan Project Manajer pembuatan Kapal Angkut Tank (AT-8 dan AT-9) oleh Bpk. Andi Baso, yang menjelaskan secara bertahap urutan kegiatan dalam membangun Kapal Angkut Tank (AT-8 dan AT-9).

Pada kesempatan yang sama Sambutan dari Kolonel Arm Mohamad Arifin, Kabid Dukniskod Puskod Baranahan Kemhan menyampaikan maksud dan tujuan Asistensi teknis dan koordinasi data kodifikasi dan menjelaskan tentang efektifitas dan efisiensi dalam rangka penyelenggaraan Pembinaan Materiil Pertahanan Negara khususnya guna memperoleh ketepatan mutu dan jaminan data tentang produk yang dibeli, agar pada kontrak pengadaan materiil pertahanan dicantumkan Klausul Kontrak tentang Kodifikasi oleh peyedia barang/Jasa untuk dilengkapi NSN. Persyaratan dan kelengkapan proses NSN terdiri atas:1) Nama materiil.2) Part Number (PN)/nomor produksi.

3) Nama Pabrikan/pemasok.

4) Karakteristik/spektek materiil.

5) Ilustrated Part Catalog (IPC)

6) Ilustrated Part Breakdown (IPB)

7) Gambar Teknis (Technical Drawing)

8) Nomor Kontrak Jual Beli/pengadaan

9) Negara Produsen

PT. Bandar Abadi merupakan perusahaan PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri), berdiri pada tahun 2001 sebagai industri galangan kapal di Batam Kepulauan Riau yang mengkonsentrasikan bisnisnya pada perkapalan. Membangun berbagai jenis kapal sesuai pesanan dari berbagai Instansi pemerintah dengan produk antara lain:

  1. Kapal kontainer Khendaga Nusantara 1 pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

  2. Kapal tanker minyak MT Zaleha H- 289 pesanan PT Pelayaran Umum Indonesia (Pelumin).

Pada Tahun 2019 PT. Bandar Abadi mendapatkan peluang besar dalam pengadaan Kapal Angkut Tank ( AT-8 dan AT-9) TNI AL. Pada saat asistensi teknis dan koordinasi data kodifikasi dalam pelaksanaan kegiatan terdapat sesi tanya jawab dan penjelasan tentang kodifikasi materiil pertahanan sistem NSN sehingga PT. Bandar Abadi dapat memahami akan kewajiban dalam memberikan data dukung materiil sesuai dalam kontrak jual beli sebagai bahan dalam proses kodifikasi materiil pertahanan sistem NSN.

PT. Bandar Abadi merupakan perusahaan pembuat kapal yang potensial dan siap memberikan data dukung materiil sebagai bahan proses kodifikasi materiil pertahanan sistem NSN terhadap pembuatan Kapal Angkut Tank (AT-8 dan AT-9).

Dengan hadirnya Tim Asistensi dan Koordinasi Data Kodifikasi Materiil diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang kodifikasi materiil pertahanan sistem NSN bagi industri nasional, terutama kepada pemenang dari pengadaan barang dan jasa, sehingga materiil pengadaan sudah sesuai dengan data untuk kodifikasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia