DIKLAT FUNGSIONAL KATALOGER TINGKAT DASAR TA. 2019

Rabu, 13 November 2019

Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Kataloger Tingkat Dasar adalah Program Diklat yang dirancang untuk membekali pengetahuan dasar, untuk memiliki kemampuan melaksanakan kegiatan kodifikasi dengan mengkaji materiil, membandingkan dengan materiil lain yang karakteristiknya sama dan menetapkan NSN.

Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 12 Juni s.d. 3 September 2019 dengan alokasi peserta 25 orang terdiri dari : Kemhan 8 orang, TNI-AD 11 orang, TNI-AL 3 orang dan TNI-AU 3 orang.

Diklat ini merupakan kegiatan pendidikan dan patihan agar peserta mampu mencapai kompetensi individual yang diperlukan mulai dari tingkat pengetahuan sampai tingkat pemahaman dengan mempelajari fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan gagasan inovatif pada tingkat ingatan dan dapat digunakan dan diterapkan secara efektif dalam pemecahan masalah untuk melaksanakan tugas pokok sehari-hari sebagai tenaga pelaksana kodifikasi.

Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan berperan sangat penting dalam pengembangan personel, guna membentuk TNI dan PNS agar memiliki potensi dan integritas kepribadian yang tinggi dalam lingkup pendidikan, sehingga akan menghasilkan personel yang profesional.

Tujuan Diklat ini untuk membekali peserta dengan pengetahuan serta keterampilan dibidang kodifikasi materiil sistem NSN yang berlaku di Kemhan dan TNI secara optimal, efektif dan efisien sesuai tujuan organisasi, dengan sasaran diklat didapat suatu persamaan pengertian dan tingkah laku dalam rangka mewujudkan Kodifikasi materiil sistem NSN sebagai bagian yang melekat dari sistem logistik pertahanan, kualifikasi diklat peserta diharapkan mampu dan terampil untuk mengemban tugas-tugas kodifikasi materiil sistem NSN sesuai dengan aturan dan dapat mengoperasikan sistem kodifikasi pada komputer guna meningkatkan kinerja pada satuan tugas masing-masing. Penyampaian materi ajaran menggunakan metode teori, ceramah dan ujian, dilanjutkan dengan tanya jawab dan praktek.
Pada bidang studi Aplikasi terdiri dari dua materi yaitu Latek dan PKL.
1. Latihan dan Praktek (Latek) kodifikasi materiil sistem NSN yang dilaksanakan di Pusat Kodifikasi Baranahan Kemhan selama 5 hari kerja mulai tanggal 5 s.d. 9 Agustus 2019. Latek sebagai uji kemampuan kepada peserta dalam mengikuti pelatihan sistem Kodifikasi materiil sistem NSN, untuk memberikan identitas pada suatu barang bekal, mulai dari penetapan nama barang, mengklasifikasikan bekal ke dalam group dan kelas, identifikasi sampai menetapkan Nomor Sediaan Nasional (NSN). Setelah mengikuti pelajaran ini peserta diharapkan memahami dan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik perorangan maupun kelompok dalam mengaplikasikan hasil Diklat Fungsional Kataloger Tingkat Dasar di Satuan masing-masing.

2. Praktek Kuliah Lapangan (PKL) dilaksanakan di PT. Ridho Agung Mitra Abadi selaku produsen dalam negeri yang membuat peralatan dan perlengkapan TNI/Polri . Dalam pelaksanaan PKL ini Siswa Diklat Fungsional Tingkat dasar disambut oleh Direktur Utama PT Ridho Agung Mitra Abadi, Jhoni Tanoto bersama seluruh staf.

Tujuan dilaksankan PKL agar para siswa memahami proses kodifikasi materiil sistem NSN sudah diterapkan di PT. Ridho Agung Mitra Abadi dengan melihat secara nyata bahwa materiil produknya sudah dilengkapi dengan NSN.

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia