ASISTENSI TEKNIS KOORDINASI DATA KODIFIKASI MATERIIL SISTEM NOMOR SEDIAAN NASIONAL (NSN) DI PT. INDO PACIFIC COMMUNICATION & DEFENCE (IPCD) TANGERANG BANTEN

Minggu, 11 Oktober 2020

Pusat Kodifikasi Baranahan Kemhan (Puskod Baranahan Kemhan), salah satu tugas dan fungsinya melaksanakan asistensi teknis koordinasi data kodifikasi materiil, dengan sasarannya ke Industri-Industri Nasional yang mendukung Pertahanan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan utama, mensosialisasikan peraturan-peraturan terbaru yang digunakan dan prosedur pelaksanaan kodifikasi dalam tataran pembinaan materiil pertahanan. Puskod sebagai lembaga Pemerintah, dan National Codification Bureau (NCB) Indonesia, di bawah Kementerian Pertahanan., menerbitkan NATO Commercial and Governmental Entity (NCAGE) sertifikat kode, dan menyajikan data Nomor Sediaan Nasional (NSN) materiil produk, berkaitan erat dengan ketersediaan materiil pengganti (substitution and interchangeable part) dan availability manufacture dalam Manajemen Logistik Materiil Pertahanan.

PT. Indo Pacific Communication & Defence (IPCD), sebagai salah satu Industri Nasional bidang Pertahanan, bergerak dalam bidangng pengembangan teknologi, khususnya Target Drone model TD-02, dapat digunakan sebagai target sasaran bergerak, latihan penembakan rudal/ meriam anti pesawat, dapat teke off menggunakan landasan keras dan pelontar. Target Drone ini merupakan produk First Article (FA) Pengembangan Teknologi Pertahanan (Bangtekindhan) dengan Kementerian Pertahanan (Dirjen Pothan Kemhan), dan sudah mendapatkan Certificate Type (TC) dari Pusat Kelaikan (Puslaik) Kemhan.

Kegiatan asistensi dilaksanakan pada akhir Agustus 2020, memiliki peran sangat penting, guna mendukung dan meningkatkan peran Puskod, dan Industri Nasional bidang Pertahanan, selain untuk menambah juga meningkatkan pemahaman Industri Nasional, dalam proses kodifikasi materiil sistem NSN, juga sebagai media publikasi melalui sistem aplikasi NCORE yang tersedia di Puskod, dalam melaksanakan dan menghimpun data meteriil, serta media komunikasi Puskod sebagai NCB Indonesia. 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia