PENYERAHAN NATO COMMERCIAL AND GOVERNMENT ENTITY (NCAGE) PT. ULTIMATE TECHNOLOGI SOLUTION

Minggu, 11 Oktober 2020

Penentuan Sumber/Pabrikan suatu item sediaan, adalah prasyarat penting penerapan penyeragaman dalam Identification Item yang tepat (STANAG No 3151), sebagai syarat sumber dokumentasi pada proses kodifikasi.

P usat Kodifikasi Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Puskod Baranahan Kemhan) sebagai National Codification Bureau (NCB) Indonesia, dan pembina kodifikasi materiil Pertahanan, dalam keanggotaan NATO Support and Procurement Agency (NSPA) menggunakan sistem NATO Codification System (NCS), di seluruh dunia. Dalam pengelolaan kodifikasi materiil, Puskod mempunyai tugas dan kewenangan menerbitkan NATO Commercial and Governmental Entity (NCAGE) sertifikat kode, ditujukan bagi perusahaan/pabrikan/distributor, lembaga pemerintah, organisasi, penyedia jasa, yayasan dan perorangan di dalam negeri., sebagai entitas dan dipublikasikan ke seluruh negara-negara pengguna NCS secara internasional. Kode NCAGE digunakan secara luas di banyak negara, dalam proses logistik.

Dalam Sistem Kodifikasi NATO istilah PABRIK mencakup seluruh rentang kemungkinan sumber data teknis materiil, yang akan dan sudah masuk dalam daftar materiil Pemerintah/Pengguna/User, khususnya TNI. Setiap nomor bagian/referensi pabrikan yang dimasukkan ke dalam Sistem Kodifikasi NATO, harus digabungkan dengan kode NCAGE sebelum dimasukkan kedalam Total Item Record (TIR), dan disimpan masing-masing NCB.

Kode NCAGE ditetapkan/ditentukan berdasarkan Kode, dan terdiri dari lima karakter, untuk indonesia dengan susunan kode: #***Z (#: Numerik, dan *: alpha/numerical, serta diakhiri huruf Z).

N CAGE saat ini, diberikan kepada PT. Ultimate Technologi Solution, sebagai ”supplierJetboot Diver System di TNI AD, sebagai syarat untuk dapat dilaksanakan proses mendapatkan/mendaftarkan Nomor Sediaan Nasional (NSN) atas produk materiil yang disediakan, dan setelah diferifikasi dinyatakan layak mendapatkan NCAGE. Penyerahan sertifkat NCAGE dihadiri para Kepala Bidang (Kabid) di Lingkungan Puskod, di ruangan Kapuskod Baranahan Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia