ASISTENSI TEKNIS KOORDINASI DATA KODIFIKASI MATERIIL SISTEM NOMOR SEDIAAN NASIONAL (NSN) DI PT. MULIA LAKSANA UTAMA (MULATAMA) SENTUL BOGOR

Sabtu, 14 November 2020

PT. Mulia Laksana Utama (MULATAMA) Sentul Bogor, sebagai salah satu Industri Nasional (BUMS) bidang Pertahanan, dengan lingkup bisnis pada pengadaan/ pembangunan sistem terintegrasi berbasis software dan hardware, seperti: Simulator Sistem, Alat Komunikasi Militer, Alat Intelijen Personal, dan Sistem Olah Yudha (Wargaming)., materiil produk dikerjakan tenaga ahli dalam negeri. PT. MULATAMA, merupakan peralihan dari PT. TRESS untuk seluruh kegiatan, dan kepemilikian sertifikat, terkait produk dan Kode Pabrikan (Commercial and Government Entity/CAGE). Menjadi sasaran kegiatan Pusat Kodifikasi Baranahan Kemhan (Puskod Baranahan Kemhan), dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, pada akhir Oktober 2020. Dipimpin Kapuskod Baranahan Kemhan Laksamana Pertama TNI Yos Sumiarsa, S.E., M.Si., kegiatan Asistensi Teknis Koordinasi Data Kodifikasi Materiil Sistem NSN, penting dilaksanakan, dan bersifat teknis., terkait peraturan-peraturan terbaru dalam pengelolaan data-data yang sangat diperlukan, serta proses penerbitkan Kode Pabrik Commercial and Governmental Entity (CAGE), dan katalog materiil Sistem Nomor Sediaan Nasional (NSN). Guna memenuhi persyartan/data dukung Proses Kodifikasi, menerbitkan dan menyajikan data kodifikasi, berkaitan erat dengan ketersediaan materiil pengganti (substitution and interchangeable part) dan availability manufacture dalam Manajemen Logistik Materiil Pertahanan, agar dapat menyajikan data melalui media publikasi dan sistem aplikasi NCORE yang tersedia di Puskod, dalam melaksanakan dan menghimpun data meteriil, serta media komunikasi Puskod sebagai NCB Indonesia.

Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) pod, adalah produk yang pernah dikembangkan, untuk membantu penerbang/pilot melakukan maneuvering/ pertempuran di udara, untuk pesawat Sukhoi SU-27 dan SU-30 Indonesia, dan sudah mendapatkan sertifikat (Type Certificate/TC) dari Puslaik Kemhan. Saat ini, sedang melakukan pengembangan produk materiil, bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu: bersama PT. Dirgantara Indonesia (Persero), sebagai Lead Integrator, dan PT. Len Industri (Persero) dalam Konsorsium Rudal Nasional., dan Litbangau, dalam pengembangan Augmented Reality Mobile Weapon Impact Scoring System/ARMWISS.

Asistensi Teknis Koordinasi Data Kodifikasi Materiil Sistem NSN, selain memberikan pemahaman tentang proses dan manfaat Kodifikasi Materiil Sistem NSN, juga sebagai media publikasi langsung kepada publik, dalam mengenalkan Puskod dan sebagai NCB Indonesia dalam tataran Nasional danInternasional. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi Industri Nasional, mempublikasikan hasil produknya secara on line kepada dunia internasional, sesama pengguna sistem NSN, dan setiap produk yang sudah ditetapkan NSN-nya, langsung dikirim ke NSPA.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia