KAPUSKOD BARANAHAN KEMHAN BERSAMA TIM MELAKSANAKAN ASISTENSI TEKNIS KOORDINASI DATA KODIFIKASI MATERIIL SISTEM NOMOR SEDIAAN NASIONAL (NSN) DI PT. KARIMUN ANUGRAH SEJATI, BATAM TANGGAL 23 s.d. 25 MEI 2022

Sabtu, 11 Juni 2022

Kodifikasi materiil sistem NSN merupakan salah satu tahapan yang harus dijalankan dalam proses pengadaan materiil di lingkungan Kemhan dan TNI, namun belum semua Industri Nasional memahami proses Kodifikasi. Oleh Karena itu Puskod Baranahan Kemhan melaksanakan Asistensi Teknis Koordinasi Data Kodifikasi Materiil Sistem NSN di PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS) pada tanggal 23 s.d 25 Mei 2022 di Batam. PT. KAS bergerak dibidang pembuatan, perbaikan dan perawatan kapal telah terdaftar di Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan sebagai Industri Pertahanan (Indhan) dan telah mendapatkan beberapa kontrak pengadaan Kapal di lingkungan TNI.

Dalam kegiatan Asistensi ini diberikan penekanan pada peraturan/regulasi dan mekanisme proses kodifikasi dalam Kontrak pengadaan materiil pertahanan agar PT KAS dapat mempersiapkan data dukung dibutuhkan untuk proses kodifikasi. Kelengkapan dan Keakuratan data kodifikasi sangat dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya manajemen logistik modern di lingkungan Kemhan danTNI.

Dari Penjelasan yang disampaikan Tim Asistensi, PT. KAS baru memahami Kodifikasi materiil sistem NSN dan perannya dalam setiap kontrak pengadaan materiil serta siap menyediakan kelengkapan data materiil saat dibutuhkan sesuai ketentuan yang berlaku. Pada kegiatan ini PT. KAS mengajukan permohonan penerbitan kode NCAGE (NATO/National Commercial And Government Entity) dan Kodifikasi materiil Kapal sebanyak 7 (tujuh) item. Kegiatan Asistensi Teknis Koordinasi Data Kodifikasi Materiil Sistem NSN, khususnya dilingkungan Industri nasional penting untuk terus dilaksanakan, dipertahankan dan ditingkatkan guna mencapai keberhasilan tugas dan fungsi Puskod Baranahan Kemhan, khususnya pemberian layanan publik dan informasi data kodifikasi guna terwujudnya manajemen logistik yang modern.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia