PENERBANGAN PESAWAT REPLIKA MERIAHKAN PERINGATAN HUT TNI-AU

Senin, 9 April 2012

35c824141ff1ec50568080f3336fbf8eMedan, Peringatan HUT ke-66 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) di Medan, Senin, dimeriahkan dengan penerbangan pesawat replika oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

Selain Danlanud Medan Kolonel (Pnb) Rasyid Jauhari, penerbangan pesawat replika itu juga dilakukan Pelaksana tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F Paulus, Wadanlantamal I Belawan Kolonel Laut Supriyadi, dan Ketua DPRD Medan Aminuddin.

Dalam peringatan HUT dengan tema “Profesionalisme dan Dedikasi Yang Tinggi, TNI-AU siap Menyongsong Modernisasi Alutsista dan Memberikan yang Terbaik Untuk Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, Danlanud Medan membacakan amanat KSAU Marsekal TNI Imam Sufaat.

Dalam amanatnya, KSAU menyebutkan, TNI AU siap menyongsong upaya modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) dengan meningkatkan dedikasi dan profesionalisme prajurit.

Selain sebagai penjaga dan pelaksana alutsista, TNI AU juga harus memelihara dan mengoperasikan alutsista secara optimal karena operasi penerbang tidak lepas dari risiko.

Risiko itu perlu dijaga jika kegagalan dalam pengelolaannya menimbulkan potensi terjadinya insiden yang secara langsung menurunkan kesiapan operasi tempur yang masih sangat terbatas.

Namun upaya untuk mencapai “zero accident” tersebut bukan pekerjaan yang mudah karena diperlukan upaya yang sungguh-sungguh, terpadu, bersinergi terus menerus dan berkelanjutan.

KSAU juga mengingatkan perlunya perbaikan budaya keselamatan (safety) yang berdasarkan kepada kejujuran, keterbukaan, dan profesionalitas para perwira TNI.

Sumber : Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia