REKTOR UNHAN


29972

Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A

Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) pada tanggal 8 Februari 2018 oleh Menteri Pertahanan Raymizard. Palantikan ini berdasarkan pada Keputusan Menteri Pertahanan Nomor : KEP/ 93 / M / I / Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pimpinan Tinggi di lingkungan Kemhan.

Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A menggatikan pejabat Rektor Unhan sebelumnya yang dijabat oleh Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil yang telah memasuki masa purna tugas. Sebelum dilantik menjadi Rektor Unhan, Perwira Tinggi kelahiran Madiun, Jawa Timur pada tanggal 1 Juli tahun 1960 tersebut menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unhan dan juga pernah menjabat sebagai Direktur Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Strahan Kemhan).

Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1983 dengan pangkat Letnan Dua  dan berasal dari kecabangan Infanteri. Setelah lulus dari Akmil, selanjutnya mengawali sejumlah penugasan mulai Danton I/A/327, Danton I/B/327/BJW, Danton MO 81/BAN/327/BJW, Danki Bant Yonif-327/BS, Kasi Log Yonif – 327/BS, Kasi OPS Yonif-327/BS, Gumil Gol-IV Deptik Pusdikif, Dandim 0734/Yogyakarta Rem-072/PMK, Athan RI di Beijing/RRC, Koorspri Panglima TNI, Danrem 163/WS Dam IX/UDY dan Pamen Ahli Kasad Bid Idpol.

Selanjutnya, Mayjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, M.B.A mengawali karirnya sebagai Perwira Tinggi TNI AD saat menjabat Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI pada tahun 2012, Dirjakstra Ditjen Strahan Kemhan tahun 2012, Warek Bid. III Riset dan Hubungan Kelembagaan Unhan tahun 2014, Kepala Satuan Pengawas Unhan tahun 2014, Dirjen Strahan Kemhan tahun 2014 dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unhan pada tahun 2018.

Sejumlah pendidikan militer dan non militer yang pernah ditempuh setelah lulus dari Akmil diantaranya J.C.I.C Australia, Susjurpatih INF, Suslapa I/INF, Diklapa II/INF, Sus Bhs. Inggris, Seskoad, Sus Jur Dasar Pa Intel, Sus Athan, Sus Danrem dan Lemhannas.

Sedangkan untuk tanda jasa yang diperoleh atas pengabdian kepada bangsa dan negara antara lain Satyalancana Seroja, Satyalancana Dwi Santi Dharma, Tanda Jasa dari PBB, Satyalancana Kesetiaan VIII Tahun, Satyalancana Kesetiaan XXVI Tahun, Satyalancana Kesetiaan XXIV Tahun, Satyalancana Dwi Jasista dan Satyalancana Yudha Dharma,Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Eka Paksi Pratama dan Bintang Yudha Dharma Pratama.

Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia